Breaking News:

Penanganan Covid

Hari Pertama Implementasi Layanan GeNose C19 di Bandara: Lancar, Tapi Ada Yang Terdeteksi Positif

Namun pada implementasi tersebut, didapati 23 calon penumpang yang hasil pemeriksaan GeNose-nya positif.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19, GeNose C19 di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Uji coba kepada 150 orang karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda dan komunitas bandara di lobby Gedung Terminal Baru, di sisi timur Terminal 1 itu sebagai persiapan penggunaan GeNose C19 yang rencananya akan mulai diterapkan pada 1 April mendatang. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Angkasa Pura I memastikan implementasi penggunaan alat GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukkan.

Diketahui, pada Kamis (1/4/2021) merupakan hari pertama operasional penggunaan alat skrining Covid-19 yakni GeNose C19, di sejumlah fasilitas transportasi publik.

Baca juga: Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran Selesai Dibuat, Tinggal Tunggu SE Gugus Tugas Covid-19

"Penerapanan layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya pada hari pertama ini berjalan lancar," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021)

Pada hari pertama penerapan layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) yang mengoperasikan 5 mesin GeNose, terdapat 289 calon penumpang yang diperiksa.

Baca juga: Update Covid-19 Global 2 April 2021: Total Kasus Seluruh Dunia Tembus 130 Juta, 2,8 Juta Meninggal

Namun pada implementasi tersebut, didapati 23 calon penumpang yang hasil pemeriksaan GeNose-nya positif.

Penumpang dengan hasil pemeriksaan positif langsung diarahkan untuk melakukan tes PCR lanjutan di rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu, di Bandara Juanda Surabaya yang mengoperasikan 7 mesin Genose, terdapat 334 calon penumpang yang diperiksa menggunakan GeNose C-19 pada 1 April, di mana hasll pemeriksaan 54 calon penumpang didapati positif.

Baca juga: Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran Selesai Dibuat, Tinggal Tunggu SE Gugus Tugas Covid-19

Calon penumpang yang positif tersebut, juga langsung diarahkan untuk melakukan tes PCR atau melakukan isolasi mandiri.

"Kami menghimbau kepada calon penumpang yang ingin menggunakan layanan GeNose C-19 untuk melakukan pendaftaran sebelum hari pelaksanaan tes melalui aplikasi Farmalab atau melalui website rapid.apsupports.com,” ucap Faik.

“Hal tersebut agar dapat mempercepat antrean pendaftaran dan mengantisipasi terjadinya penumpukkan antrean," pungkasnya.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved