Breaking News:

Indonesia Bentuk Industri EV Battery, IBC Diprediksi Bakal Jadi Pemain Top Global

Indonesia memiliki potensi yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem industri kendaraan bermotor listrik dan baterai listrik.

Editor: Hendra Gunawan
GSMArena.com
Ilustrasi baterai 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membentuk Indonesia Battery Corporation (IBC) sebagai holding untuk mengelola ekosistem industri baterai kendaraan bermotor listrik (Electric Vehicle Battery) yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Pengamat ekonomi dari INDEF, Ariyo DP Irhamna menyambut baik usaha pemerintah dalam kemandirian energi, khususnya dalam pengadaan baterai kendaraan listrik.

Menurutnya, Industri ini merupakan industri yang baru. Sehingga Indonesia harus segera memulainya.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki potensi yang signifikan untuk mengembangkan ekosistem industri kendaraan bermotor listrik dan baterai listrik.

Baca juga: Menteri Erick Terbang ke Cina, Bahas Pembangunan Industri Baterai Kendaraan Listrik

Di sektor hulu, Indonesia memiliki cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia dengan porsi cadangan sebesar 24 persen dari total cadangan nikel dunia.

Sedangkan di hilir, Indonesia berpotensi memiliki pangsa pasar produksi dan penjualan kendaraan jenis bermotor roda dua dan empat yang sangat besar. Dengan potensi 8,8 juta unit untuk kendaraan roda dua dan 2 juta unit untuk kendaraan roda empat pada tahun 2025.

"Industri baterai merupakan industri yang baru, struktur industri hulu hingga hilirnya belum terbentuk lengkap," jelas Ariyo dikutip dalam akun resmi media sosial INDEF, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Realme 8 Pro: OS Android 11, Layar Super AMOLED hingga Baterai 4500 mAh

Dengan adanya hal tersebut, menurut Ariyo, IBC berpotensi menjadi pemain penting di industri baterai dunia.

Maka dari itu, IBC harus menggandeng institusi dalam negeri, agar melahirkan produk-produk terkait EV Baterry yang berkualitas, serta memuaskan bagi para pengguna kendaraan listrik.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved