Breaking News:

Paskah 2021

Jasa Marga Catat 150 Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek pada H-1 Hari Raya Paskah

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke wilayah Jabodetabek pada Sabtu (3/4/2021) mencapai 150.550

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Kendaraan melintasi kontruksi tiang pancang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berjajar di pinggir Jalan Tol Padaleunyi, Kota/Kabupaten Bandung, Jawa Barat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke wilayah Jabodetabek pada Sabtu (3/4/2021) mencapai 150.550 kendaraan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, jumlah tersebut merupakan kumulatif dari arus lalu lintas di beberapa Gerbang Tol (GT) yaitu Cikampek Utama dan Kalihurip Utama arah timur, Cikupa arah barat serta Ciawi arah selatan.

Menurut Heru total volume lalu lintas yang menuju wilayah Jabodetabek ini, meningkatkan 22,40 persen jika dibandingkan pada situasi normal.

"Kami mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek lebih tinggi, jika dibandingkan dengan yang meninggalkan Jabodetabek," kata Heru dalam keterangannya, Minggu (4/4/2021).

Baca juga: Masyarakat Masa Kini Cenderung Memilih Kawasan Dekat Jalan Tol

Heru menjelaskan, peningkatan ini tidak signifikan hanya tiga persen jika dibandingkan dengan lalu lintas saat kondisi normal. Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tercatat lalu lintas tertinggi menuju arah Jakarta terjadi pada shift dua yaitu pukul 14.00-22.00 WIB.

"Kemudian untuk lalu lintas tertinggi yang kembali ke Jabodetabek pada Sabtu kemarin, terjadi di GT Cikampek Utama yang tercatat 37.426 kendaraan dari arah Trans Jawa menuju Jabodetabek," kata Heru.

Baca juga: 50 Ucapan Selamat Paskah 2021, Kirim ke WA atau Jadi Status di Instagram, Facebook, Twitter

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah pada hari Sabtu kemarin, lanjut Heru, mayoritas sebanyak 73.501 kendaraan dari arah Timur, 44.303 kendaraan dari arah Barat dan 32.746 kendaraan dari arah Selatan.

"Kami tentunya berharap dengan adanya distribusi lalu lintas kembali ke Jabodetabek pada Sabtu kemarin, dapat mengurangi kepadatan jalan tol pada hari ini Minggu (4/4/2021)," kata Heru.

Ia juga mengimbau kepada para pengguna jalan tol, agar dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabodetabek dan menghindari waktu pulang bersamaan agar terhindar dari kepadatan lalu lintas.

Berita terkait

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved