Breaking News:

Wamendag Dorong Penerapan Sistem Resi Gudang di Desa-desa

Jerry Sambuaga menilai pentingnya sinergi antar Kementerian/Lembaga dalam menyukseskan program sistem resi gudang

ist
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bertemu Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menilai pentingnya sinergi antar Kementerian/Lembaga dalam menyukseskan program sistem resi gudang (SRG).

Untuk itu Wamendag Jerry menemui Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie untuk mengoptimalkan SRG di desa-desa.

Menurutnya, saat ini sistem resi gudang yang dikelola Kemendag berlokasi lebih kurang di 163 titik seluruh Indonesia.

Baca juga: Wamendag: Dua Aturan Turunan UU Ciptaker Rampung

“Saat ini kan Kemendag punya Gudang SRG di hampir setiap provinsi di Indonesia dan lokasinya banyak yang di desa-desa, jadi kami berinisiatif untuk berkolaborasi dengan Kemendes untuk mengoptimalkan Gudang SRG yang ada di desa-desa,” kata Jerry, Rabu (14/3/2021).

Program SRG sendiri merupakan upaya Pemerintah untuk membantu mensejahterakan petani dengan menerapkan sistem tunda jual dan pembiayaan perdagangan dengan memberikan kredit dengan jaminan komoditi yang disimpan di gudang SRG.

Selain itu, gudang SRG akan diintegrasikan dengan pasar sehingga pemerintah dapat memantau stok dan mutu komoditi di lapangan dengan lebih akurat.

Baca juga: Wamendag Dorong Petani dan Pengusaha di Pedesaan Manfaatkan Sistem Resi Gudang

Wamendag Jerry berinisiatif untuk menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk menjadi standby buyer bagi komoditi yang disimpan di gudang SRG.

Dia mengatakan SRG tidak hanya untuk memberikan fasilitas kredit ke petani, tapi kita juga upayakan agar barang yang disimpan di gudang SRG ada pembelinya.

"Kita sudah punya MoU dengan Aprindo untuk menjadi standby buyer komoditi bawang merah di SRG Brebes, nah ini nanti akan kita perluas untuk komoditi lain dan tentunya di gudang-gudang SRG lainnya," ungkap Wamendag.

Di sisi lain, Wamendes Budie Arie berharap Kemendag dan Kemendes dapat bekerjasama dalam memberdayakan UMKM di desa-desa agar dapat naik kelas.

"Kami sedang mengembangkan platform e-commerce yang khusus menjual produk hasil UMKM desa. Dengan adanya kerjasama dengan Kementerian Perdagangan, diharapkan produk unggulan UMKM desa dapat makin berjaya dan merajai pasar dalam negeri," tutur Wamendes.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved