Breaking News:

Penanganan Covid

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Layani Pemeriksaan GeNose C19, Tarifnya Rp 30 Ribu

Pemeriksaan Ge-Nose C19 telah tersedia di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak mulai Sabtu (17/4/2021).

WARTAKOTA/Nur Ichsan
Ilustrasi: Sejumlah penumpang Kereta Api wajib menjalani tes genose yang berlaku 1x24 jam dan tes antigen 3x24 jam di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (3/4/2021), Untuk menghindari antrian saat menjalani tes kesehatan, calon penumpang diharapkan H-1 sebelum.jadual keberangkatan. (WARTAKOTA/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memastikan, Pelabuhan yang dikelolanya mulai menyediakan layanan pemeriksaan deteksi dini Covid-19 dengan menggunakan alat Ge-Nose C19.

Untuk tahap awal, pemeriksaan Ge-Nose C19 telah tersedia di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak mulai Sabtu (17/4/2021).

Selanjutnya, secara bertahap akan tersedia di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin dengan biaya pemeriksaan hanya Rp 30 ribu.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan, penyediaan layanan Ge-Nose C19 dimaksudkan untuk memberikan kemudahan para calon penumpang kapal laut untuk melakukan pemeriksaan deteksi Covid-19.

Ia melanjutkan, layanan Ge-Nose C19 di terminal milik Pelindo III memiliki harga yang lebih terjangkau bagi para calon penumpang kapal laut.

"Layanan Ge-Nose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp 30 ribu untuk setiap orang sekali periksa," jelas Edi dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021).

Layanan Ge-Nose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses setiap hari Senin hingga Sabtu oleh para calon penumpang kapal laut mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Para calon penumpang kapal cukup menunjukkan tiket kapal laut sebagai syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan Ge-Nose C19.

"Sementara ini kami sediakan 2 unit alat dengan kapasitas pemeriksaan kurang lebih 200 orang per hari. Jika dirasa perlu maka tidak menutup kemungkinan jumlah alat akan ditambah," lanjut Edi.

Pelindo III juga menyediakan ruang isolasi yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang memperoleh hasil positif dari pemeriksaan Ge-Nose C19.

Nantinya, mereka yang positif akan diarahkan untuk menuju fasilitas pemeriksaan rapid antigen secara mandiri untuk validasi hasil.

Jika masih kedapatan positif maka calon penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam fasilitas terminal penumpang.

Sebagai informasi, peresmian pemeriksaan Ge-Nose C19 di area pelabuhan milik Pelindo III ini ditandai dengan pemeriksaan Ge-Nose C19 perdana yang diikuti oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo bersama di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (17/4/2021).

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved