Breaking News:

BCA Dukung All Out UMKM Zaman Now

Rangkaian kegiatan BCA UMKM Fest diawali dengan Virtual Press Conference yang dihadiri oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja beserta jajaran.

BCA
Rangkaian kegiatan BCA UMKM Fest diawali dengan Virtual Press Conference yang dihadiri oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja beserta jajaran. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar kegiatan virtual BCA UMKM Fest, festival dan pameran offline to online yang diikuti ribuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia dengan lebih dari 18.000 produk unggulan.

BCA UMKM Fest dihelat mulai 16 April hingga 8 Mei 2021 di laman umkmfest.bca.co.id.

Rangkaian kegiatan BCA UMKM Fest diawali dengan Virtual Press Conference yang dihadiri oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja beserta jajaran.

Hadir pula secara virtual, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia.

Sebagai institusi keuangan yang lekat dengan masyarakat, BCA berkomitmen untuk memberikan nilai tambah dan memiliki daya saing dengan kebutuhan pasar terkini bagi UMKM sebagai salah satu pendorong pergerakan ekonomi nasional.

Mulai Jumat (16/4/2021) hingga tiga minggu ke depan, BCA menyediakan ruang berkarya end-to-end bagi pegiat UMKM melalui BCA UMKM Fest.

“Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulannya melalui platform digital yang kami siapkan, BCA juga memberikan pendampingan melalui beragam webinar, mentoring, hingga sesi Business Matching yang membuka akses pasar bagi pegiat UMKM untuk melakukan ekspor. Kami sungguh berharap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan populasi terbesar di ASEAN dan ke-4 di dunia, tapi juga mampu berekspansi menembus pasar internasional,” ungkap Jahja.

Untuk Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan bank koresponden untuk menghadirkan calon buyer yang berasal dari 30 negara.

Saat ini 80 seller BCA siap untuk ekspor, nantinya para UMKM siap Ekspor akan melakukan pertemuan dan diskusi bisnis dalam sesi tersebut.

Tak hanya itu, dalam webinar dengan topik UMKM siap ekspor, para peserta akan mendapatkan edukasi dan pelatihan sebagai bekal menjadi eksportir andal dari narasumber kredibel.

Selain memberikan nilai tambah bagi merchant peserta dari pegiat UMKM, pengunjung dapat mengeksplorasi lebih dari 18.000 produk unggulan dari 1.700 merchant peserta; di antaranya ada lebih dari 7.500 produk food & beverage, 5.800 produk fashion, 1.500 produk hobi, 1.300 produk kesehatan dan kecantikan, 400 produk aksesoris dan perhiasan, dan masih banyak produk menarik lainnya. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan potongan harga, program lelang, dan subsidi ongkir.

Pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia terlihat dari besarnya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga 2018 lalu ada 116,97 juta orang atau 98% tenaga kerja berkegiatan di sektor ini.

Sementara itu, UMKM berkontribusi 61,07% pada PDB. Komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini, selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

“BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Karena keterbatasan ruang gerak yang ada saat ini, kami menghadirkan BCA UMKM Fest secara online, sebuah gerakan nyata dengan tujuan mulia, yaitu untuk membangkitkan motivasi dan optimisme penggiat UMKM di Indonesia, serta mempercepat realisasi SDGs,” ungkap Jahja.

Gubernur BI Perry Warjiyo mendukung penuh penyelenggaraan BCA UMKM Fest yang mengadopsi platform e-commerce. BCA UMKM Fest diharapkan dapat memajukan pelaku UMKM dan mampu mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Saya yakin acara BCA UMKM Fest ini juga menjadi bagian penting untuk melaksanakan instruksi Presiden dalam mensukseskan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia), memajukan UMKM, mendukung pemulihan ekonomi nasional, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat," pungkasnya.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved