Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Mudik Lebaran Dilarang, Sandiaga Ajak Masyarakat Berwisata di Destinasi Wisata Lokal

Meski ada larangan mudik, Sandiaga mengajak masyarakat untuk meluangkan waktu libur di sejumlah destinasi wisata lokal selama libur lebaran.

Ist
Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan langsung menyaksikan tayangan perdana film yang disutradarai Pritagita Arianegara itu di Kantor Kemenparekraf Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (16/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta masyarakat mematuhi larangan mudik dari pemerintah seperti yang disampaikan Presiden Jokowi.

Meski ada larangan mudik, Sandiaga mengajak masyarakat untuk meluangkan waktu libur di sejumlah destinasi wisata lokal selama libur lebaran.

Alasannya agar tidak timbul mobilitas penduduk, yang berpotensi menyebarkan Covid-19.

"Jadi keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik dan secara tegas melarang mudik itu betul-betul dilandasi dari data-data, bahwa kalau ada pergerakan secara masif seperti lebaran dan Nataru mengakibatkan lonjakan yang sangat signifikan dari penularan virus Covid-19," ujar Sandiaga, Rabu (21/4/2021).

Warga boleh mudik sebelum tanggal 6 Mei 2021
Warga boleh mudik sebelum tanggal 6 Mei 2021 (Kompas Tv https://www.youtube.com/watch?v=tOGDimEmSHU)

Menurut Sandiaga, mobilitas masyarakat yang tinggi selama musim liburan terbukti mengakibatkan lonjakan kasus positif Covid-19.

Jumlah peningkatan kasus Covid-19 pasca libur lebaran melonjak hingga 94 persen, sedangkan peningkatan kasus Covid-19 pasca libur Nataru mencapai sebesar 70 persen.

Sandiaga menyampaikan masyarakat dapat tetap berwisata ke sejumlah destinasi lokal selama libur lebaran.

Hanya saja, seluruh masyarakat yang berwisata harus mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah.

"Jadi saya harapkan ini akan memberikan kejelasan agar kita tidak bingung menghadapi situasi ini, bahwa mudik dilarang, kegiatan (masyarakat) pun mengacu kepada PPKM skala mikro, termasuk juga kegiatan masyarakat berwisata lokal," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Warga di NTB Diperbolehkan Mudik Lebaran Antar Kabupaten/Kota, Asalkan . . .

Lewat sejumlah langkah tersebut, Sandiaga Uno berharap agar kepatuhan masyarakat untuk tidak mudik dan menjaga protokol kesehatan dapat berbuah baik.

Kasus penularan Covid-19 pasca libur lebaran dapat menurun, sehingga perekonomian, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali pulih.

"Saya harap dengan kepatuhan kita terhadap keputusan pemerintah, maka kita Bisa menekan angka penularan Covid-19 yang agak sedikit merangkak naik sekarang," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi ini butuh seluruh kerja sama, saya mohon sekali bantuan dari segenap masyarakat di seluruh pelosok nusantara untuk patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujarnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved