Breaking News:

Sepi, Bandara Kertajati Diusulkan Jadi Pusat Distribusi Logistik E-commerce

Dia menilai integrasi antara bandara, jalan tol, dan pelabuhan dapat memangkas waktu pengiriman barang.

Tribun Jabar/ Ahmad Imam Baehaqi
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. 

Laporan  Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Akbar Djohan mendorong Bandara Kertajati di Jawa barat difungsikan menjadi pusat distribusi logistik e-commerce. 

Menurutnya, kapasitas Bandara Kertajati yang besar serta koneksi dengan dua infrastruktur besar Pelabuhan Patimban di Subang dan akses Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu membuat posisinya menjadi strategis.

"Saya memberikan masukan kepada Gubernur Jawa Barat guna mempercepat beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat adalah menjadikan Airport Kertajati menjadi hub e-commerce di Indonesia," ujar Akbar kepada wartawan di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

"Dengan membangun ekosistem digital free trade zone di Kertajati Airport, maka memberikan daya tarik bagi global player e-commerce untuk menjadikannya sebagai hub connectivity untuk distribusi nasional bahkan sampai Asia Pasifik," tambah dia.

Baca juga: Seputar Bandara Kertajati, Pembangunan Diwarnai Penggusuran Kini Dijadikan Bengkel Pesawat

Dia menilai integrasi antara bandara, jalan tol, dan pelabuhan dapat memangkas waktu pengiriman barang.

"Bandar udara Internasional Jawa Barat (BIJB) menangkap sekaligus memberikan nilai tambah dengan mengimplementasikan digital free trade zone yang akan memberikan simplikasi regulasi dan birokrasi layanan dan memberi kepastian proses ekspor-impor secara integrasi dan seamless services," ucapnya.

Baca juga: Karena Covid-19, Lion Air Tidak Terbang di Bandara Kertajati

Sekretaris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Akbar Djohan mengatakan, daerah di sekitar Bandara Kertajati merupakan kawasan industri yang tersebar dari Cikarang, Bekasi hingga Karawang dan kota-kota sekitarnya.

Baca juga: Said Didu: Tol Becakayu dan Bandara Kertajati Tidak Laik Secara Ekonomi

Daerah di sekitar Bandara Kertajati seperti Cirebon dan Indramayu terkenal memiliki berbagai kerajinan yang bisa diekspor.

"Dengan mengoperasikan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik e-commerce, UMKM Indonesia bisa lebih mudah mengekspor hasil produksinya. Karena adanya kecepatan dan kemudahan dalam proses ekspor dan perizinan lainnya," ungkapnya.

Langkah ini juga bisa semakin menghidupkan aktivitas di Bandara Kertajati agar tidak sepi dan dapat lebih produktif. 

Akbar menegaskan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik e-commerce merupakan pilihan bijak dan solutif agar pembangunan bandara ini tidak sia-sia.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved