Breaking News:

Anggota DPR Apresiasi Kinerja Wamendag Terkait Perjanjian Perdagangan

Menurut Rieke, pelaku usaha di daerah memang memerlukan fasilitasi dari pusat agar punya akses yang luas untuk meningkatkan usahanya. 

TRIBUNNEWS/REYNAS ABDILA
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Rieke Dyah Pitaloka memberi sanjungan untuk Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga karena bisa mendorong penyelesaian dan sosialisasi perjanjian perdagangan.

Hal itu mengemuka saat Kemendag menggelar seminar hybrid dengan pelaku usaha dan asosiasi mengenai hasil perjanjian perdagangan jasa yaitu ASEAN Trade in Services Agreement (ATISA) dan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS).

Menurut Rieke, pelaku usaha di daerah memang memerlukan fasilitasi dari pusat agar punya akses yang luas untuk meningkatkan usahanya.

Baca juga: Politisi Partai Gerindra Minta Pemerintah Waspadai Surplus Neraca Perdagangan

Acara yang digelar di sebuah hotel di Jababeka itu diikuti oleh puluhan pelaku usaha di Kabupaten Bekasi.

“Apa yang telah dilakukan oleh Wamendag dan seluruh jajarannya kami harapkan bisa membuka kesempatan agar industri di Bekasi bisa terus maju, sehingga penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat bisa terus meningkat," kata Rieke dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/4/2021).

Gayung bersambut, Jerry balik mengapresiasi dukungan Komisi VI kepada Kementerian Perdagangan dalam penyelesaian, ratifikasi dan pengawalan implementasi perjanjian perdagangan. 

Menurut Wamendag, dukungan ini penting mengingat perjanjian perdagangan internasional harus disahkan dengan persetujuan DPR.

Baca juga: Wamendag Dorong Penerapan Sistem Resi Gudang di Desa-desa

Wamendag menekankan bahwa perjanjian perdagangan bukan hanya soal perdagangan barang tetapi juga jasa. 

Dalam ATISA dan AFAS ada berbagai kemudahan lalu lintas pelaku usaha jasa untuk melakukan kegiatan lintas negara di wilayah ASEAN. 

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved