Breaking News:

Penanganan Covid

Mengenal Kartu Pas Bandara yang Dipakai Mafia Karantina Loloskan WNI dari India

WNI yang baru tiba di Indonesia, harus menjalani karantina selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona varian baru ini.

Tribunnews.com/Dahlan Dahi
Sejumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta merasa kebingungan dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan penumpang pesawat melakukan tes antigen. Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (19/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah kini memberlakukan kebijakan karantina 14 hari bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari India menyusul munculnya gelombang baru serangan virus Covid-19 yang masif di India dan memicu kematian ribuan orang.

WNI yang baru tiba di Indonesia, harus menjalani karantina selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona varian baru ini.

Adanya tindakan pencegahan ini dimanfaatkan oleh para oknum tidak bertanggung jawab, yang meloloskan para WNI yang baru tiba dari India tanpa melakukan karantina 14 hari menggunakan kartu akses pas di Bandara Soekarno-Hatta.

Kartu akses ini diketahui memungkikan seseorang untuk masuk dan keluar bandara dengan bebas.

Baca juga: Virus Corona Varian B1617 India Telah Menyebar di 17 Negara, Ini Penyebab Terjadi Tsunami Covid-19

Kartu akses ini tidak hanya dimiliki oleh petugas bandara saja, tetapi seseorang yang memiliki kepentingan dengan instansi lain di bandara bisa memilikinya.

Baca juga: BioNTech Percaya Diri Vaksinnya Mampu Tangkis Varian Covid-19 India  

Kepemilikan kartu akses bandara ini, diterbitkan oleh Kantor Otoritas Bandara Wilayah I di Bandara Soekarno-Hatta melalui

Peraturan Menteri Perhubungan No 33 Tahun 2015 tentang Pengendalian Jalan Masuk atau Acces Control ke Daerah Keamanan Terbatas di Bandara.

Kartu akses ini dalam pembuatannya memiliki tahapan yang ketat, berikut tahapan pembuatan kartu akses pas bandara:

1. Instansi harus mengajukan permohonan akun dan kuota pas bandara yang akan diberikan.

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved