Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Banyak Masyarakat Nekat Mudik, Porter di Stasiun KA Pasar Senen: Alhamdulillah Bisa Buat Lebaran

Rata-rata kata dia, penumpang membayar jasanya sekitar Rp25 - 35 ribu untuk sekali angkut barang

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Porter di stasiun kereta api Pasar Senen, Jakarta Pusat tengah mengangkat barang penumpang dari mobil ke peron stasiun, Selasa (4/5/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak masyarakat yang nekat melakukan perjalanan mudik jelang pelarangan diberlakukan oleh pemerintah, menjadi hikmah tersendiri bagi para pekerja angkat barang penumpang (Porter) di Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen.

Hal itu dirasakan langsung oleh Yogi, seorang porter yang sudah bekerja selama tiga tahun di salah satu Stasiun KA ternama di Jakarta itu.

Padahal kata Yogi, selama dua tahun ini pekerjaannya tidak mendatangkan keuntungan yang disebabkan oleh penerapan lockdown yang dilakukan pemerintah guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Meski begitu, selama satu pekan ini dirinya merasa bersyukur karena penghasilannya bertambah, akibat melonjaknya para penumpang kereta api yang hendak melakukan mudik lebaran.

"Dua tahun ini sudah sepi (penghasilan) sejak awal corona. Baru seminggu ini sudah mendingan, tapi besok (saat pelarangan) sudah gak jalan lagi kereta," katanya kepada Tribunnews.com, di Stasiun KA Pasar Senen, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Survei Indikator: 45,8 Persen Masyarakat Setuju Aturan Larangan Mudik Lebaran

Untuk tarif jasanya sendiri kata Yogi beragam, hal itu dikarenakan adanya kesepakatan tawar menawar harga terlebih dahulu dengan calon penumpang.

Rata-rata kata dia, penumpang membayar jasanya sekitar Rp25 - 35 ribu untuk sekali angkut barang.

"Biasanya 25 atau 35 ribuan sekali angkat (biayanya) tapi tergantung banyak barangnya juga, kesepakatan juga sih, kalau dia gamau ya, kita sarankan buat cari yang lain," katanya menambahkan.

Dengan melonjaknya penumpang dalam kurun waktu satu pekan ini Yogi menyebut dirinya bisa meraup penghasilan hingga Rp200 ribu per hari.

Halaman
1234
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved