Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Bandara Soekarno-Hatta Tak Lagi Layani Penerbangan Sewa Selama Larangan Mudik

Sebanyak 19 bandara yang berada di bawah naungan Angkasa Pura II memilih beralih untuk mengangkut kargo

dok Angkasa Pura II
ILUSTRASI -- Bandara Soekarno Hatta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak lagi melayani penerbangan carter atau sewa, selama larangan mudik lebaran 2021.

Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II Muhammad Wasid mengatakan, bahwa Bandara Soekarno-Hatta tidak ada lagi penerbangan carter.

"Penerbangan charter dari negara-negara yang memiliki tingkat risiko tinggi seperti India sudah tidak ada lagi," kata Wasid saat dikonfirmasi, Rabu (12/5/2021).

Wasid juga menjelaskan, pada pelarangan mudik hingga 17 Mei nanti para maskapai di 19 bandara yang berada di bawah naungan Angkasa Pura II memilih beralih untuk mengangkut kargo.

Seperti yang terjadi di Bandung, lanjut Wasid, sudah tak lagi ada pengangkutan penumpang namun ada tiga maskapai yang beralih ke pelayanan angkutan kargo.

"Begitu juga di Bandara Soetta, Sriwijaya Air diketahui juga mengalihkan penerbangannya ke kargo," kata Wasid.

Baca juga: Kurangi Risiko Rugi karena Sepi Penumpang, Maskapai Penerbangan Genjot Layanan Kargo

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta para pekerja dari luar negeri yang akan datang ke Indonesia untuk menunda perjalanannya.

Ia menjelaskan, hal ini terkait adanya kebijakan untuk menghentikan sementara operasional penerbangan carter atau sewa selama masa larangan mudik Lebaran 2021.

"Kami sarankan, para tenaga kerja yang akan ke Indonesia untuk menunda perjalanannya. Bukan dilarang, tetapi kita imbau untuk menunda sampai akhir larangan mudik," ucap Budi Karya, Senin (11/5/2021).

Budi juga mengungkapkan, penggunaan pesawat udara untuk kepentingan carter sudah mendapat persetujuan untuk melarang operasional selama larangan mudik Lebaran 2021.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved