Breaking News:

Halal Modern Valley di Banten Bakal Klaster Industri Halal Terbesar Pertama di Indonesia

Kawasan Industri Halal (KIH) Halal Modern Valley merupakan area yang didesain dengan sistem dan fasilitas untuk mengembangkan industri

istimewa
Halal Modern Valley 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan bahwa Halal Modern Valley, Kawasan Industri Modern Cikande, Banten, akan menjadi klaster industri halal.terintegrasi pertama dan terbesar se-Indonesia dengan luas mencapai 500 hektare.

Kawasan Industri Halal (KIH) Halal Modern Valley merupakan area yang didesain dengan sistem dan fasilitas untuk mengembangkan industri yang memproduksi produk halal sesuai prinsip syariah.

Fasilitas pendukung yang telah ada dan akan tersedia di KIH Modern Cikande, antara lain proses yang terintegrasi beserta fasilitas pendukung, pusat penelitian dan pengembangan, politeknik teknologi pangan, sistem manajemen mutu halal, lembaga pembiayaan syariah, serta pelabuhan.

Baca juga: Tinjau Hidden Valley Track Baja Otomotif Superblok, Bamsoet Ajak Kembangkan Sport Automotive Tourism

Tak hanya itu, di kawasan ini juga akan tersedia fasilitas kepabeanan.

Menperin mengungkap rencananya pembangunan KIH yang dikelola oleh PT Modern Industrial Estate tersebut akan berjalan dalam jangka waktu lima tahun dengan tiga tahapan.

"Tahap pertama akan dibangun pada lahan seluas 150 hektare, tahap kedua seluas 150 hektare dan tahap ketiga seluas 200 hektare," tutur Agus melalui keterangan resmi, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Hidden Valley Track, Perkenalan Awal Konsep Baja Otomotif Superblok di Kawasan Jakarta

Sebagai informasi, pengembangan tahap pertama kawasan ini telah dilakukan sejak Oktober 2019.

"Berdasarkan masterplan, KIH akan dikembangkan menjadi klaster industri halal sebagai ekosistem halal dari hulu sampai hilir, termasuk sistem logistiknya dengan harapan menjadi hub halal internasional di Indonesia," jelas Menperin.

Terkait infrastruktur halal, manajemen KIH Halal Modern Valley telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM MUI) dalam hal pengembangan dan desain integrasi industri halal di KIH.

Baca juga: Rekomendasi 5 Oleh-oleh di Chocomory Cimory On The Valley, Cobain Manisnya Choc-o Pie

Halaman
12
Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved