Breaking News:

Lebaran 2021

Penjualan Hampers dan Parsel Dongkrak Transaksi Shopee dan Tokopedia Menjelang Lebaran

Shopee dan Tokopedia mencatatkan kenaikan transasksi produk parsel dan hampers menjelang lebaran tahun ini.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Tren permintaan hampers Lebaran berisi cookies di Libby Brownies tahun 2021 ini meningkat 50% dibandingkan tahun lalu. Sebanyak 1.200-an paket hampers terjual dengan paket harga Rp 180 ribu sampai Rp 1,2 juta bergantung isian yang diminta customer dengan pengiriman terjauh hingga Sulawesi. (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tradisi kirim parsel dan hampers masih menjadi kebiasaan rutin masyarakat Indonesia dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Dua e-commerce Shopee dan Tokopedia mencatatkan kenaikan transasksi produk parsel dan hampers menjelang lebaran tahun ini.

Transaksi parsel banyak dijajakan di kedua e-commerce tersebut oleh sejumlah official store perusahaan makanan dan minuman.

Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengungkapkan ada lebih dari 130 juta produk UMKM terjual selama Peak Day Big Ramadan Sale 2021. Produk itu berupa suvenir hingga makanan dan minuman yang dikemas secara unik sebagai tanda ucapan selamat Lebaran.

Baca juga: Buka Hampers Jelang Lebaran, Zaskia Sungkar Dibikin Terharu karena Kado dari Shireen

“Dalam menyambut bulan Ramadan di masa pandemi ini, kita masih belum dapat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Sehingga muncul tren baru untuk mengirimkan mereka hampers dan souvenir sebagai tanda ucapan selamat. Sehingga, hampers dan souvenir menjadi kategori produk UMKM favorit untuk menyambut lebaran,” kata Handhika, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Lima Ide Hampers Lebaran yang Cocok di Masa Pandemi

Sementara itu, External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya  mengatakan bahwa masyarakat begitu antusias berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saat Ramadhan.

Baca juga:  Transaksi Zakat Maal Via Digital di Tokopedia Naik Hampir 3x Lipat Selama Ramadan

Produk dalam subkategori yang sering dibeli adalah parsel makanan, perlengkapan ibadah dan jilbab menjadi beberapa kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi tertinggi selama bulan Ramadan tahun ini jika dibandingkan dengan bulan sebelum Ramadan.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, ShopeePay Hadirkan Cashback Hingga 90% di Google Play Store dan Codashop

“Penjualan subkategori Jilbab, misalnya, meningkat hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, transaksi subkategori Perlengkapan Ibadah meningkat lebih dari 2 kali lipat. Sedangkan transaksi subkategori Parsel Makanan melonjak hampir 5 kali lipat,” kata Ekhel.

Tingginya transaksi tersebut, membuat Tokopedia menyiapkan langkah untuk mengantisipasi lonjakan pembelian dan pengiriman barang yang umumnya terjadi menjelang lebaran.

"Kami menyiapkan beberapa metode pengiriman dengan menggandeng sejumlah mitra jasa kirim paket, jadwal pengiriman juga disesuaikan dengan batas operasional terakhir kurir saat lebaran," kata Ekhel.

Sementara Shopee bekerja sama dengan banyak mitra jasa kurir untuk memastikan kapasitas pengiriman memadai.

“Bersama dengan seluruh mitra jasa kirim Shopee, kami akan melakukan forecasting atau memetakan perkiraan transaksi dengan lebih baik lagi untuk memastikan kapasitas pengiriman dapat memadai,” kata Handhika

Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved