Breaking News:

Transformasi Digital PGN Tahun Ini Fokus ke Customer Experience

Transformasi digital untuk tahun 2021 ini difokuskan ke upaya memberikan customer experience.

HANDOUT
Transformasi digital PGN fokus ke customer experience.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan transformasi digital untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan, transformasi digital untuk tahun 2021 ini difokuskan ke upaya memberikan customer experience.

“Ini (digital transformation) penting, karena kita tidak bisa membangun digital berdasarkan apa yang kita ketahui. Tetapi apa yang berdasarkan pengalaman pelanggan terhadap program kita,” ujar Faris dalam keterangannya, Jakarta (19/05/21).

Misalnya, respon PGN terhadap pandemi yang mendorong penggunaan teknologi, PGN meningkatkan desain website PGN agar lebih fungsional dalam hal customer experience optimalization dengan berbagai fitur.

Baca juga: Staf Khusus Presiden Jokowi Diangkat Jadi Komisaris PGN

Di antaranya, simulasi biaya energi gas bumi, informasi tagihan gas, technical service request, informasi kemitraan, co-branding product PGN, response time PGN contact center yaitu kurang dari 8 jam.

Baca juga: IESR: Penerapan Energi Terbarukan Bisa Ciptakan 3,2 Juta Pekerjaan Baru

Secara historis, PGN telah memiliki aplikasi PGN Register pada 2015 untuk memudahkan pelanggan melakukan registrasi berlangganan gas. 

Lalu dikembangkan lagi, sehingga melaunching aplikasi PGN Mobile pada  2016 yang dapat diunduh melalui Play Store dan Apple Store, danbtelah aktif digunakan lebih dari 50 ribu pelanggan.

“PGN Mobile juga memuat informasi mengenai tagihan gas bumi, infrastruktur gas bumi PGN, lokasi SPBG, dan fitur lainnya. Kini juga dapat digunakan untuk registrasi online berlangganan gas PGN,” jelas Faris.

PGN bekerjasama dengan beberapa channel pembayaran online seperti Tokopedia, Link Aja, Blibli.com, Dana, dan Gopay. 

Security IT juga disempurnakan untuk melindungi asset informasi penting pelanggan maupun perusahaan.

“Fokus costumer experience diharapkan dapat memberikan pelayanan yang menyenangkan dan memuaskan, karena pelanggan merasa dihargai selama menggunakan produk gas bumi PGN. Pelayanan yang baik pun akan meningkatkan loyalitas pelanggan,” tutur Faris.

Saat ini PGN memiliki lebih dari 500.000 pelanggan di berbagai sektor, sehingga PGN mengembangkan produk berdasarkan kebutuhan pelanggan dalam menggunakan gas bumi. 

“PGN juga terus menerima masukan dari pelanggan di antaranya pembuatan PGN Mobile versi website, digitalisasi platform pelanggan, memperbanyak channel payment, real time data yang dapat diakses pelanggan, memperbanyak konten media sosial media yang berkaitan dengan edukasi penggunaan gas bumi sehari-hari dan perbaikan infrastruktur PGN secara terjadwal,” papar Faris.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved