Breaking News:

Sandiaga Uno Minta Pengrajin Perak Kotagede Manfaatkan Pasar Online dan Produksi Konten Digital

Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Minta Pengrajin Perak Kotagede Manfaatkan Pasar Online dan Produksi Konten digital

ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ketika mengunjungi sentra kerajinan perak Kotagede, Yogyakarta pada Kamis (20/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Pandemi Covid-19 membatasi seluruh aspek kehidupan, termasuk kunjungan wisatawan ke destinasi wisata serta sentra produksi ekonomi kreatif nasional.

Imbasnya, omset penjualan menukik tajam, para pelaku usaha pun terpaksa melakukan efisiensi dengan mengurangi jumlah tenaga kerja.

Kenyataan pahit itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ketika mengunjungi sentra kerajinan perak Kotagede, Yogyakarta pada Kamis (20/5/2021).

Merujuk hal tersebut, dirinya menekankan dua hal dalam membangkitkan kembali sektor parekraf nasional.

Baca juga: Sandiaga Apresiasi Kebijakan Pemda Tutup Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

Pertama peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan digitalisasi, yakni lewat penggunaan pasar online atau market place.

Kedua adalah pembuatan konten video terkait produk hingga sejarah dari ekonomi kreatif.

Lewat kedua langkah itu, Sandiaga Uno berharap pemasaran produk-produk ekonomi kreatif dapat secara langsung meningkat di masa depan.

sandiaga di kotagede
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ketika mengunjungi sentra kerajinan perak Kotagede, Yogyakarta pada Kamis (20/5/2021).

"Hari ini saya melihat bahwa covid-19 memaksa kita untuk meningkatkan skill (keterampilan) dari dua hal, pertama tentunya aspek kita untuk beradaptasi dengan digitalisasi, mulai dari menjual produk-produk lewat online, maupun menciptakan konten," ungkap Sandiaga Uno pada Kamis (20/5/2021)

"Jadi kita melihat satu peluang baru, terutama di masa depan, berkaitan dengan bagaimana B2C (Business to Customers), dari Salim Silver ke langsung customer dengan penciptaan konten-konten yang menarik dan bisa membantu untuk menjual hasil dari Salim Silver ini ke target-target pasar yang sebelumnya belum kita jelajah," tambahnya.

Terbukanya pasar digital tersebut dijelaskan Sandiaga Uno akan menciptakan ekonomi yang berkeadilan.

Halaman
123
Penulis: Yulis
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved