Breaking News:

Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Dorong UMKM Offline Onboarding ke Digital

Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui digitalisasi UMKM.

Istimewa
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui digitalisasi UMKM. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui digitalisasi UMKM.

Menurutnya, mau tidak mau seluruh UMKM offline harus mulai onboarding ke pasar online.

"Pemerintah berupa mengoptimalisasi produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi UMKM offline dan menyediakan berbagai fasilitas stimulus bagi UMKM yang telah terdigitalisasi," ucap Airlangga dalam webinar, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Menko Airlangga: Konsumsi Pemerintah Jadi Pendorong Utama Pemulihan Ekonomi Nasional

Menko Airlangga menyampaikan pemerintah juga telah menginisiasi gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di mana jutaan UMKM sudah on boarding.

"UMKM ini diberikan stimulus berupa coaching, promosi, penyaluran pinjaman, dari bank Himbara. Ada juga penempatan e-katalog pengadaan barang," lanjutnya.

Terkait pengembangan SDM di sektor UMKM, pemerintah sudah meluncurkan program literasi digital nasional yakni Indonesia Makin Cakap Digital.

"Harapannya ini menjadi inisiatif bagi semua lapisan melalui kerja-kerja konkret di tengah masyarakat termasuk UMKM agar makin cakap menggunakan internet," kata Menko Airlangga.

Pemerintah pun sudah memaksimalkan pembangunan sarana infrastruktur fisik dan digital termasuk di antaranya fiber optic palapa ring.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved