Breaking News:

Kemenhub Sebut Pergerakan Pesawat Saat Ini Mengalami Peningkatan Dibanding Tahun Lalu

Ia menilai, dari data ini bisa dilihat bahwa sudah ada peningkatan pergerakan pesawat secara nasional dibandingkan masa awal pandemi.

Serambi Indonesia/Hendri
Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 143 terparkir di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (2/9/2020). Mulai Rabu ini Garuda Indonesia melakukan penambahan frekuensi penerbangan untuk rute Jakarta-Aceh ataupun sebaliknya seiring dengan meningkatnya penumpang. Serambi Indonesia/Hendri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pergerakan pesawat di tengah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih dua tahun, disebut sudah mulai meningkat secara nasional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, menurut data dari AirNav Indonesia pergerakan pesawat sudah mencapai 60 persen secara nasional dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia Tak Berdaya Lawan UEA, Skuat Garuda Tumbang 5-0

"Kemudian menurut data yang diterima, untuk di Bandara Soekarno-Hatta sendiri tingkat pergerakan pesawat sudah mencapai 50 persen," kata Budi Karya dalam keterangannya, Minggu (13/6/2021).

Ia menilai, dari data ini bisa dilihat bahwa sudah ada peningkatan pergerakan pesawat secara nasional dibandingkan masa awal pandemi.

Baca juga: Head to Head UEA Vs Indonesia, Kapan Terakhir Kali Skuat Garuda Bisa Menang?

"Kami tentunya akan terus berupaya membuat kebijakan untuk terus mendorong peningkatan pergerakan pesawat di tengah masa pandemi ini," ujar Budi Karya.

Menurutnya, ada suatu cara yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendukung penerbangan nasional yaitu dengan membeli atau memesan kursi pesawat (block seat).

Baca juga: Pesawat Garuda yang Siap Terbang Kini Menyusut Jadi 53 Pesawat, Begini Penjelasan Manajemen

"Cara ini bisa membantu meningkatkan pergerakan pesawat, dan ini sudah ditunjukan oleh sejumlah pemerintah daerah yaitu Sulawesi Selatan dan Pemkab Toraja," ucap Budi.

Selain itu, Budi Karya juga mengimbau, agar seluruh stakeholder terus memastikan protokol kesehatan berjalan dengan konsisten dalam rangka upaya meredam tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved