Breaking News:

Bersaing di Pasar Digital, Menkop Dorong UMKM Buat Produk Unggulan yang Khas dan Unik

Teten berharap UMKM  mampu bergerak dinamis dan cepat beradaptasi dengan perubahan zaman. 

Tribunnews/Jeprima
Suasana pameran produk kerajinan UMKM di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2020). Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan itu akan berlangsung hingga 22 November 2020. Usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM adalah sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Tribunnew/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan, pelaku UMKM harus mampu membangun produk yang dapat bersaing di pasar digital.

"Artinya kita harus buat produk unggulan sesuai dengan kekhasan dan keunikan tersendiri yang kita miliki," ucap Teten kepada wartawan, Senin (14/6/2021).

Menkop menyebut tren produk dan lifestyle kehidupan masyarakat dunia juga berkembang secara cepat dan dinamis. 

"Pelaku UMKM kita harus bisa mengikuti perubahan tren dan lifestyle masyarakat dunia," tandas Teten.  Teten berharap UMKM  mampu bergerak dinamis dan cepat beradaptasi dengan perubahan zaman. 

“UMKM harus sudah mulai melakukan research and development agar bisa mengikuti tren produk dunia, tak hanya pasar nasional," imbuh MenkopUKM. 

Baca juga: Ninja Xpress Siapkan Kelas Inkubasi dan Akselerasi untuk Dorong Pengembangan Bisnis UKM

Pihaknya mengakui bahwa 99 persen pelaku usaha nasional masih didominasi usaha mikro serta berkapasitas produksi rendah. 

Sehingga hanya sebagian kecil saja yang mampu berjualan di platform e-commerce, itupun mayoritas sebagai reseller. 

Baca juga: Mentan SYL dan Menkop UKM Gandeng IPB Wujudkan Korporatisasi Sektor Pertanian

Teten melihat banyak juga pelaku usaha mikro yang efektif memanfaatkan ceruk pasarnya di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. “Saya yakin mereka bakal berkembang bagus di pasar media sosial, bukan e-commerce," ulas Teten.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved