Breaking News:

Teknologi 5G

Pakai Dua Jenis Pita Frekuensi yang Berbeda, Kencang Mana Sinyal 5G Telkomsel atau Indosat?

meski daya jelajahnya tak seluas Indosat, Telkomsel diklaim memiliki kecepatan broadband lebih unggul dari Indosat.

IEE Innovation at Work
Ilustrasi: Indonesia akhirnya resmi memiliki dua operator seluler yang menggelar jaringan 5G. Dua operator seluler itu adalah Telkomsel yang sudah menggelar kickoff 5G pada 27 Mei 2021 lalu, disusul Indosat Ooredoo yang resmi mendapat SKLO untuk jaringan generasi kelima ini dari Kominfo pada Senin (14/4/2021) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia akhirnya resmi memiliki dua operator seluler yang menggelar jaringan 5G.

Dua operator seluler itu adalah Telkomsel yang sudah menggelar kickoff 5G pada 27 Mei 2021 lalu, disusul Indosat Ooredoo yang resmi mendapat SKLO untuk jaringan generasi kelima ini dari Kominfo pada Senin (14/4/2021) kemarin.

Namun, kedua operator ini menggelar jaringan 5G di Indonesia dengan jangkuan dan pita frekuensi berbeda. Telkomsel menggelar 5G di pita frekuensi 2,3 GHz, sementara Indosat Ooredoo di 1,8 GHz.

Baca juga: Indosat Gelar 5G, Begini Tanggapan Pengamat Telekomunikasi

Dari penggunaan pita frekuensi itu, tentu pengguna akan bertanya lebih kencang mana sinyal broadband 5G di 2,3 GHz atau 1,8 GHz?

Pengamat Telekomunikasi Doni Ismanto Darwin menjelaskan perbedaan penggunaan pita frekuensi ini.

Menurutnya penggunaan pita jaringan antara 2,3 GHz dan 1,8 GHz sejatinya berdekatan namun ada perbedaan.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menerima cenderamata dari Pimpinan Media Andalas Sejahtera sebagai Publisher IndoTelko.com, Doni Ismanto Darwin usai memberikan presentasi tentang IoT for Making Indonesia 4.0
Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menerima cenderamata dari Pimpinan Media Andalas Sejahtera sebagai Publisher IndoTelko.com, Doni Ismanto Darwin usai memberikan presentasi tentang IoT for Making Indonesia 4.0 (ist)

Baca juga: Resmi Gelar Jaringan 5G, Simak Lokasi yang akan Diuji Coba Indosat Ooredoo

Berdasarkan penggunaan tersebut, tidak ada perbedaan kecepatan yang signifikan. Kecuali jaringan itu digelar di 700 MHz, akan terasa perbedaannya dari sisi kecepatan broadband.

"Keduanya belum gelar nationwide, masih selected area. 2. Dari Indosat frekuensi belum ada yang ideal, bahkan ISAT tergolong berani dengan 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz lebar pita 20 Mhz, idealnya 5G kan butuh 100 MHz. Tapi frekuensi yg dipunya ISAT ini bagus dari sisi coverage, tapi menangani kapasitas besar secara bersamaan akan sulit," jelas Founder IndoTelko forum tersebut kepada Tribunnews.com, Selasa (15/4/2021).

Baca juga: Eropa Larang Penerapan Teknologi 5G dari Huawei, Apa Alasannya?

Doni membandingkan dengan penggunaan pita jaringan frekuensi yang digunakan Telkomsel. Menurutnya meski daya jelajahnya tak seluas Indosat, Telkomsel diklaim memiliki kecepatan broadband lebih unggul dari Indosat.

Halaman
1234
Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved