Breaking News:

Mengupas Kiat-Kiat Bisnis Kuliner #AutoLaris Tribun Inspirasi Lokal x Grab

Para pelaku usaha kuliner dituntut untuk tetap kreatif dalam beradaptasi di tengah pandemi.

Admin: Sponsored Content
ISTIMEWA
Tribun Inspirasi Lokal. 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner dengan cita rasa khas dan memiliki penggemarnya masing-masing. Tak heran jika bisnis kuliner menjadi salah satu lini usaha yang ramai digeluti.

Sayangnya, di tengah pandemi Covid-19, lini usaha kuliner ikut mengalami dampaknya. Maka dari itu, para pelaku usaha kuliner dituntut untuk tetap kreatif dalam beradaptasi di tengah pandemi.

Salah satu cara untuk bertahan adalah dengan mengadopsi dan beradaptasi dengan teknologi digital dalam usaha kuliner. Kehadiran marketplace, media sosial, serta layanan pengantaran online berbasis transportasi seperti GrabFood milik Grab membantu pelaku usaha kuliner nusantara untuk bisa bertahan dan tetap menjadi relevan menjawab kebutuhan konsumen yang kian dinamis di masa pandemi ini. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peran adaptasi teknologi digital dalam bisnis kuliner, saksikan Tribun Inspirasi Lokal episode 3, Bisnis Kuliner #AutoLaris bersama GrabFood,  yang ditayangkan live pada Jumat, 18 Juni 2021, di kanal Youtube Tribunnews.

Pada episode Tribun Inspirasi Lokal ini Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia menekankan tentang pentingnya adaptasi bisnis lewat platform digital hingga berbagai dukungan GrabFood lainnya untuk membantu para Merchant untuk tetap berkembang di masa pandemi ini, khususnya melalui fitur GrabMerchant, GrabAds dan kesempatan pelatihan di GrabAcademy. Hadi juga menjelaskan tentang wujud nyata komitmen GrabFood mendukung strategi bisnis merchant kuliner di tanah air.

“Seiring dengan perubahan perilaku konsumen menjelajahi pengalaman kuliner selama pandemi, GrabFood hadir untuk menghubungkan para pengusaha kuliner tanah air dengan konsumennya yang terus berkembang. Lebih dari sekadar penyedia platform, Grab juga turut memfasilitasi mitra merchant untuk memanfaatkan potensi digital lewat program GrabAkselerator UMKM & GrabMerchant Auto Laris, berupa kelas-kelas yang diadakan oleh pakar bisnis F&B yang dapat memberikan wawasan untuk memaksimalkan peluang bisnis pelaku UMKM di platform kami.” 

Selain itu, hadir pula Adhitya Citra, Owner Ayam Geprek Dapur GG sebagai narasumber yang juga mitra Merchant GrabFood dalam Tribun Inspirasi Lokal kali ini.Di masa pandemi, Ayam Geprek Dapur GG berhasil membuka tiga cabang baru berkat gencarnya pemanfaatan penjualan di platform digital. Adhitya berbagi kiat-kiat sukses bisnis kuliner bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan brand awareness lewat platform digital.

“Dengan berada di GrabFood, kami difasilitasi untuk menjangkau lebih banyak konsumen se-Bandung Raya lewat fitur aplikasi dan dukungan tim GrabFood. Di awal perjalanan Dapur GG tahun 2018, tim saya sangat senang mengetahui produk kami berhasil mendapatkan konsumen sampai ke daerah Lembang bahkan sampai Kopo. Dengan brand visibility ini, kami berhasil bertahan di masa pandemi dan bahkan membuka dua gerai baru untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di wilayah sekitar Bandung.”  

Selanjutnya, Tribun Inspirasi Lokal juga menghadirkan Banyubiru, Marketing Se’i Sapi Kana. Banyu juga berbagi pengalaman inspiratif tentang bagaimana strategi digital membantu mendorong ekspansi bisnis dari awal perjalanan Se’i Sapi Kana mempopulerkan sajian Se’i dari Nusa Tenggara Timur hingga kini memiliki 85 cabangdi seluruh Indonesia mulai dari Medan hingga Makassar. 

“Kombinasi strategi digital marketing dan keberadaan di GrabFood telah menjadi strategi andalan Se'i Sapi Kana dan membuktikan bahwa kehadiran bisnis kami di platform ini membawa market awareness yang lebih baik untuk mempopulerkan menu Se’i Sapi sebagai makanan ‘kekinian’. Ketika Sei Sapi pertama kali menjadi populer, kami mengalami tantangan dalam mengelola transaksi dine-in. Di situlah GrabFood berperan penting dalam membagi kanal layanan kami, proporsi pelanggannya dengan dine-in pun seimbang, bahkan terkadang cenderung ke GrabFood dengan jumlah lebih besar, 60:40.” 

Kedua pengusaha kuliner ini juga  berbagi pengalaman mengenai kesempatan yang diberikan GrabFood untuk menjadi speaker di webinar series GrabAcademy dan bisa berbagi praktik bisnis mereka dengan para pengusaha kuliner lainnya di sembari meningkatkan kapasitas bisnis dan skill digital. Hadi Surya Koe juga menambahkan bahwa GrabFood memiliki komitmen lanjutan untuk mendukung mitra merchant GrabFood di bulan Juni ini.

“Mulai bulan Juni, GrabFood akan meluncurkan program Duta PERWIRA GrabFood dan Program Apresiasi Mitra dimana. Duta PERWIRA (Perkumpulan Wira Usaha) memungkinkan mitra merchant terpilih untuk dapat berbagi keahlian bisnis dengan sesama mitra, dan Program Apresiasi Mitra bertujuan untuk memberikan insentif kepada mitra merchant yang setia menggunakan GrabFood. Kami berharap program ini dapat terus memperkuat komitmen kami dalam mendukung mitra merchant dalam peningkatan kapasitas dari berbagai ukuran dan latar belakang untuk bisa terus memanfaatkan peluang bisnis di masa pandemi ini.”

Maka dari itu, tonton segera episode 3 Tribun Inspirasi Lokal: Bisnis Kuliner #AutoLaris di kanal YouTube Tribunnews, ya!

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved