Breaking News:

Tribunnews x HP Gelar LokalCorn: Saatnya Startup Lokal “Go Nasional” dan Jadi the Next Unicorn

Startup lokal terbaik berkesempatan mendapat visibilitas dan jaringan yang lebih luas, serta modal yang dibutuhkan

TRIBUNNEWS.COM
Tribunnews x HP Gelar LokalCorn 

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi Covid-19 tak menghentikan generasi milenial tanah air untuk terus berkarya dan berinovasi melalui perusahaan rintisan atau startup. Hingga pertengahan Mei 2021, startupranking.com mencatat Indonesia berada di posisi kelima negara dengan startup terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 2.236 startup.

Hal ini turut disertai dengan meningkatnya penggunaan internet, nilai investasi yang tinggi, serta hadirnya enam startup bervaluasi hingga Rp 14 triliun, yang juga disebut sebagai unicorn, yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, OVO, Bukalapak, dan J&T Express.

Generasi milenial jadi yang paling berkontribusi besar dalam perkembangan ekonomi digital tanah air. Menurut laporan Mapping and Database Startup Indonesia tahun 2018, hampir 70% penggerak startup berasal dari generasi milenial.

Dengan melihat perkembangan tersebut, bisa dipastikan ekonomi digital akan terus menunjukan potensinya. Seiring dengan perkembangan ekonomi digital, persaingan di antara para startup lokal juga akan semakin ketat. 

Saatnya startup lokal go nasional!

Startup lokal dapat menjadi penggerak ekonomi di daerahnya dan memberi manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu, inilah saatnya startup lokal, melalui tangan para milenial, mendapat kesempatan lebih bergengsi di kancah nasional.

Menyadari pentingnya peran startup lokal, HP Indonesia bersama Tribunnews ingin mengakselerasi transformasi digital serta mendukung anak muda pendiri startup lokal di Indonesia untuk menggali potensi sepenuhnya melalui kompetisi bertajuk Tribunnews X HP: LokalCorn.

LokalCorn mendukung startup lokal yang memiliki dampak bagi lingkungan sekitar untuk “go nasional”. Dengan berpartisipasi dalam kompetisi LokalCorn, startup lokal terbaik berkesempatan mendapat visibilitas dan jaringan yang lebih luas, serta modal yang dibutuhkan untuk berkembang di kancah startup nasional.

LokalCorn terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia yang berusia 18-35 tahun, telah atau sedang merintis bisnis startup maksimal 2 tahun atau rintisan startup yang sedang mencari pasar.

Untuk berpartisipasi dalam kompetisi LokalCorn, peserta dapat mengajukan proposal bisnis startup mereka yang belum pernah mendapatkan penghargaan pada kompetisi yang lain.

Proposal yang diajukan harus meliputi profil singkat pemohon, profil usaha (jenis usaha, modal awal, tenaga kerja, teknik penjualan, dan lain-lain) dan deskripsi produk (penjelasan tentang produk barang/jasa, kualitas produk, volume produksi, proses produksi, hingga keunggulan produk), prospek atau potensi usaha di masyarakat, rencana pengembangan usaha satu tahun ke depan, hingga perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha.

Tiga startup lokal terbaik akan dipilih “go nasional”

Dari tahapan seleksi awal, akan dipilih 30 startup lokal untuk maju ke tahap penilaian oleh para juri. LokalCorn kemudian akan memberi digital coaching clinic bagi 30 peserta yang lolos tahap seleksi awal.

Melalui digital coaching clinic, peserta akan mendapatkan kesempatan bertemu dengan para ahli di bidangnya serta mempersiapkan diri untuk menyusun proposal bisnis terbaik yang akan dipresentasikan ke para juri untuk dinilai pada tahapan berikutnya.

Selanjutnya, para juri akan memilih 10 startup finalis dari 30 peserta untuk maju ke tahapan selanjutnya. Kesepuluh startup terpilih akan diseleksi melalui voting dan penjurian akhir. Pada tahapan voting, masyarakat dapat memilih startup lokal yang mereka jagokan untuk jadi pemenang.

Kesepuluh finalis berkesempatan mengikuti Malam Penganugerahan LokalCorn yang dihadiri para Rocket’s People, lima perintis startup muda terbaik di Indonesia, sebagai tim juri, yaitu: Bayu Syerli (Co-founder Mamikos), Diajeng Lestari (Co-founder HijUp), Fransiska P.W. (Co-founder WomenWorks), Gibran Huzaifah (Co- Founder eFishery), dan Nabilah Alsagoff (Co-Founder Doku).

Dari hasil penjurian dan voting, akan dinobatkan tiga juara yang berpeluang mendapat visibilitas serta peluang networking di kancah nasional. Selain itu, ketiga juara akan mendapatkan dana investasi untuk mengembangkan bisnisnya. Juara I mendapatkan dana sebesar Rp 75 juta, juara II Rp 35 juta, dan juara 3 mendapat Rp 20 juta. Ketiga pemenang masing-masing juga mendapatkan satu unit laptop HP.

Siap go nasional? Yuk, daftarkan startup-mu di LokalCorn!

Jika kamu adalah pemuda yang sedang merintis startup, memiliki traksi dengan tim yang kuat, punya gol untuk berkontribusi dalam transformasi digital di daerah, dan sedang membutuhkan pendanaan, bimbingan, maupun networking, kamulah orang yang tepat!

Daftarkan startup kamu ke LokalCorn sekarang juga dan dapatkan segala kesempatan emas untuk berkembang dan memperluas pasar di skala nasional! Ingat, pendaftaran dibuka dari tanggal 19 Juni – 31 July 2021 saja lho!

Untuk keterangan lebih lanjut sekaligus cara mendaftar, kunjungi https://hp-lokalcorn.tribunnews.com/.    

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved