Breaking News:

Pebisnis UMKM Banyak yang Beralih ke Online saat Pandemi, Bagaimana Solusinya?

Untuk bertahan selama pandemi, banyak pebisnis UMKM beralih dari penjualan offline ke penjualan online

zoom-inlihat foto Pebisnis UMKM Banyak yang Beralih ke Online saat Pandemi, Bagaimana Solusinya?
net
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siapa yang mengira di tengah terjadinya pandemi yang tak kunjung henti, bisnis berbasis online dapat mendatangkan keuntungan bagi para pengusaha UMKM yang beralih atau telah memilikinya lebih dulu.

Penyebab utamanya, tak lain dan tak bukan terbatasnya aktivitas dan mobilitas membuat para konsumen lebih memilih untuk berbelanja online.

Baca juga: WHO Kritik Vaksinasi Gotong Royong Individu di Indonesia

"Untuk bertahan selama pandemi, banyak pebisnis UMKM beralih dari penjualan offline ke penjualan online," ujar Direktur Utama Mitran Pack, Santoso Januar, kepada wartawan, Jumat (16/7/2021).

Mitran Pack sendiri adalah perusahaan lakban yang berusaha menjadi salah satu penyokong terbesar untuk memajukan bisnis online para pebisnis UMKM selama pandemi berlangsung, dalam pengemasan dan pengepakan barang.

Baca juga: Sandiaga Sebut Relaksasi Pajak UMKM Dorong Kebangkitan Ekonomi

Santoso mengatakan berdasar pada penelitian yang dirangkum oleh Insight Marketing dari Facebook telah disebutkan bahwa pembelian barang langsung di toko menurun sebanyak 52 persen. Sedangkan, belanja online meningkat sebanyak 49 persen sepanjang tahun 2020.

Ditambah dengan adanya konsumen Generasi Z dan Milenial yang menyumbangkan minat belanja online dengan jumlah yang meningkat pesat hingga mencapai 85 persen.

Mereka pun sering kali memanfaatkan promo HARBOLNAS yang disuguhkan oleh berbagai e-commerce yang ada setiap bulannya.

Baca juga: Riset Terapan Dinilai Bisa Mendorong UMKM Indonesia Lebih Tangguh

"Melihat hal ini, Mitran Pack sebagai merk dagang dari PT. Mitra Anugerah Packindo sebagai perusahaan dengan tagline 'Your Packing Solution' ingin turut serta dalam mendukung dan mengembangkan bisnis UMKM selama pandemi terutama dalam kebutuhan pengemasan dan pengepakan seperti lakban, bubble wrap, plastik, karung, tali, dan sebagainya," kata dia.

Direktur Marketing PT. Mitra Anugerah Packindo, Vera Ngiam mengatakan pihaknya memprioritaskan pengiriman yang super cepat.

Kini, Mitran Pack telah memiliki 30 lebih armada yang siap mengantarkan lakban, bubble wrap, plastik, dan berbagai kebutuhan utama dalam pengemasan dan pengepakan kepada para pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek agar pengirimannya sampai dengan cepat dan tepat waktu.

“Saat ini, PT Mitra Anugerah Packindo akan terus-menerus berinovasi dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggannya," ujar Vera Ngiam.

Jika keadaan ini terus-menerus dilakukan secara kontinyu, Vera mengatakan bukan tidak mungkin para pebisnis UMKM dapat menjadi salah satu andil terbesar dalam membuka lapangan kerja di Mitran Pack yang tentu segala aktivitasnya mematuhi protokol kesehatan selama pandemi. "Mitran juga mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu memajukan ekonomi di kala pandemi," tandasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved