Breaking News:

Marketplace Belanja Yuk Ajak UMKM dan Produk Lokal Lebih Inovatif Jadi Trendsetter

Kehadiran marketplace membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terakselerasi sehingga bisa naik kelas.

ist
Aplikasi Belanja Yuk di smartphone. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Marketplace adalah hal yang tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia seiring meningkatnya nilai transaksi jual beli online dalam beberapa tahun terakhir.

Menghubungkan penjual dan pembeli dalam satu tempat, marketplace menjadi pasar daring yang menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari melalui koneksi internet.

Founder Belanja Yuk, Yanuar Tjahja mengatakan, keberadaan marketplace bisa membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terakselerasi sehingga bisa naik kelas.

Terlebih, kualitas produk lokal tidak kalah hebat dari produk-produk luar negeri.

“Platform Belanja Yuk mendorong UMKM dan produk lokal untuk menjadi trendsetter keperluan sehari-hari masyarakat indonesia,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Founder Erigo Curhat ke Menteri Perdagangan, Banyak Produk Imitasinya Dijual di Marketplace

Dikatakannya, kurangnya pemasaran untuk produk-produk lokal, menjadi persoalan utama UMKM di Indonesia.

Padahal, UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis serta dapat menjadi penggerak ekonomi vital bagi masyarakat.

Baca juga: Shopee Dari Rumah: Solusi Mudah Penuhi Kebutuhan Penting di Masa Pandemi

Berangkat dari kegelisahan tersebut, Yanuar menggagas marketplace yang khusus 100% produk lokal dengan harapan menjadikan Belanja Yuk sebagai wadah promosi dan tempat berniaga barang-barang yang diproduksi oleh UMKM lokal.

Baca juga: Transformasi ke Digital, UMKM Bisa Perluas Pasar Lewat Toko Kelontong Blibli Mitra

“Saat ini panggung produk lokal di e-commerce berkisar 6-7 persen saja. Padahal banyak produk lokal Indonesia disenangi oleh orang-orang luar negeri,” ujarnya.

Kehadiran belanjayuk.co.id membantu kampanye pemerintah agar masyarakat mendukung, mengenakan serta  mencintai produk-produk lokal atau buatan dalam negeri.

Tak sampai di situ, platform ini telah menjadi supplier support baik consignment dan dropshipper, menyediakan warehouse (gudang) dan melakukan stock opname secara berkala.

Selain itu, pengguna bisa dengan mudah mengetahui informasi terbaru lewat Instagram @official.belanjayuk dan melakukan aktivitas belanja melalui aplikasi Belanja Yuk yang bisa ditemukan di Play Store.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved