Breaking News:

Virus Corona

Waketum MUI: Pembatasan TKA ke Indonesia Jangan Hanya Saat Pandemi

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mendukung kebijakan pemerintah membatasi masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia selama masa PPKM.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah resmi melarang Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk wilayah Indonesia melalui aturan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat. 

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

"Tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia dalam masa PPKM. Hal ini tentu jelas menjadi sesuatu yang menyejukkan," ujar Anwar melalui keterangan tertulis, Kamis (22/7/2021).

Anwar bahkan meminta agar pemerintah menjadikan momentum ini untuk membatasi kehadiran tenaga kerja asing yang  mengerjakan tugas yang dapat dikerjakan oleh warga Indonesia.

Baca juga: Tenaga Kerja Asing Akhirnya Dilarang Masuk Indonesia Selama PPKM Darurat

Dirinya meminta agar pemerintah tidak hanya melakukan pembatasan di masa pandemi Covid-19 saja.

"Oleh karena itu kita meminta pembatasan orang asing terutama para tenaga kerjanya untuk masuk ke negeri ini tidak hanya selama masa pandemi Covid-19 atau dalam masa PPKM, tapi juga untuk masa selanjutnya," ucap Anwar.

Baca juga: Tak Terima PPKM Diperpanjang, PKL Lebak Kibarkan Bendera Putih, Kami Sudah Babak Belur

"Di mana kita hanya menerima kehadiran mereka untuk hal-hal yang kita-kita sebagai anak bangsa memang tidak dan atau belum bisa mengerjakannya," tambah Anwar.

Menurutnya, pemerintah dalam mengundang investor asing ke dalam negeri, tidak boleh hanya untuk mendapatkan uang tapi juga untuk mensejahterakan dan membahagiakan rakyatnya.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved