Breaking News:

Mengenal Ecosave Technology, Formula Anti Karat pada BBM RON Tinggi Pertamina

Dengan nilai RON 92, Pertamax dapat menjaga mesin kendaraan dari karat.

Shutterstock
Ilustrasi Permasalahan Mesin Berkarat pada Kendaraan 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu permasalahan yang sering ditemui pemilik kendaraan bermotor adalah karat pada mesin. Umumnya, hal ini terjadi pada kendaraan yang sudah berusia tua.

Namun, bukan berarti kendaraan yang relatif baru tidak dapat mengalami permasalahan tersebut, apalagi jika tidak dirawat dengan baik.

Karat pada mesin kendaraan bisa jadi permasalahan yang serius sebab dapat mempengaruhi keawetan mesin kendaraan Anda, hingga menyebabkan mogok saat berkendara.

Maka itu, diperlukan perawatan yang tepat dalam mengatasi karat pada mesin.

Penggunaan Bahan Bakar Mobil (BBM) RON tinggi seperti Pertamax untuk kendaraan Anda dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah karat pada mesin.

Dikenal sebagai jenis BBM berkualitas yang ramah lingkungan, BBM RON tinggi juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kendaraan bermotor, terutama dengan terdapatnya Ecosave Technology pada Pertamax.

Ecosave Technology si Pencegah Karat

Beberapa orang mungkin masih merasa asing saat mendengar istilah Ecosave Technology. Teknologi ini merupakan jenis zat aditif atau formula khusus yang ditambahkan ke dalam BBM jenis Pertamax.

Terdapatnya formula ecosave technology menjadi salah satu komponen yang membedakan BBM RON tinggi seperti Pertamax dengan BBM RON rendah seperti Premium.

Diciptakan menggunakan teknologi mutakhir serta bahan berkualitas tinggi, ecosave technology menjadi formula khusus yang telah disesuaikan dengan standar internasional World Wide Fuel Charter (WWFC) kategori 2, 3, & 4.

Salah satu manfaatnya adalah memberikan lapisan film pada komponen mesin yang dilewatinya.

Melalui lapisan film tersebut, ecosave technology berfungsi sebagai anti karat pada mesin kendaraan, termasuk dinding tangki kendaraan.

Dengan kata lain, ecosave technology dapat membersihkan bagian dalam mesin, melindungi tangki bagian dalam, serta saluran dan ruang bakar mesin.

Terlebih lagi, lapisan film yang terdapat dalam ecosave technology juga bermanfaat memisahkan partikel karbon yang dapat menyebabkan deposit serta karat pada mesin.

Tak ketinggalan, melansir Kompas, ecosave technology juga meminimalisasi kotoran di sistem pembakaran dan mencegah engine knocking yang diakibatkan oleh kotoran hidrokarbon dalam sistem pembakaran.

BBM RON Tinggi Bikin Mesin lebih Awet

Pertamax dengan nilai RON 92 yang telah memenuhi standar internasional membuat pembakaran mesin kendaraan lebih sempurna, tidak menyisakan residu, serta mampu menjaga mesin dari karat. Penggunaan Pertamax juga akan membuat penggunaan kendaraan lebih efisien.

Pertamax sangat cocok bagi kendaraan yang biasa digunakan sehari-hari dan direkomendasikan untuk kendaraan berkompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).

Kelebihan lain dari Pertamax sebagai BBM RON tinggi adalah kemampuannya menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air, sehingga pembakaran BBM pun menjadi sempurna.

Pengisian BBM Pertamax di SPBU Pertamina
Pengisian BBM Pertamax di SPBU Pertamina (Antara Foto/Ahmad Subaidi)

Selain Pertamax, Pertamina juga memiliki jenis BBM Oktan Tinggi Pertamax Plus dengan RON 95, Pertamax Turbo dengan RON 98, dan Pertamax Racing dengan RON minimal 100.

Produk Pertamax Plus merupakan BBM RON tinggi yang dengan kandungan energi tinggi, efisiensi bahan bakar, dan ramah lingkungan yang telah memenuhi kualitas standar Euro III dari beberapa parameter.

Lalu, ada juga Produk Pertamax Turbo yang memiliki kelebihan seperti membuat kendaraan menjadi sangat lincah, meningkatkan akselerasi dan kecepatan, membuat mesin lebih responsif dan tahan lama, serta ramah lingkungan.

Sementara itu, Pertamax Racing yang memiliki nilai RON tertinggi dibandingkan jenis BBM lainnya diperuntukkan khusus bagi kendaraan balap dan kendaraan dengan kompresi mesin yang lebih tinggi dari 13:1. Telah diakui oleh federasi balap internasional, Pertamax Racing menjadikan mesin lebih responsif, stabil, dan memiliki daya tahan yang tinggi, serta tentunya ramah lingkungan.

"Dengan memilih bahan bakar berkualitas yang bebas timbal, dapat membantu mengendalikan pencemaran udara yang diakibatkan kendaraan bermotor," ujar Manager Retail PT Pertamina (persero) MOR II Putut Adriatno.

Menurut Putut, penggunaan BBM berkualitas dan ramah lingkungan dengan angka RON yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan membuat kinerja mesin kendaraan lebih maksimal serta memperpanjang keawetan mesin kendaraan.

Udara yang bersih dan sehat dengan Program Langit Biru

Penggunaan BBM RON tinggi bagi kendaraan bermotor merupakan bagian dari Program Langit Biru (PLB) yang tengah dijalankan oleh Pertamina.

Melalui PLB, Pertamina berkomitmen untuk mencegah kerusakan lingkungan serta mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi gas buang kendaraan serta pencemaran udara, khususnya pencemaran yang disebabkan sektor transportasi.

Dalam rangka memenuhi komitmen tersebut, Pertamina juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai PLB dengan memberikan pengalaman dalam menggunakan BBM RON tinggi yang berkualitas.

Dengan membiasakan penggunaan BBM RON tinggi bagi masyarakat, manfaat dari BBM ramah lingkungan tersebut akan dapat dirasakan langsung oleh para pengguna kendaraan. Program ini ditujukan khususnya kepada pengguna BBM jenis Premium dengan kendaraan roda dua, roda tiga, serta kendaraan umum plat kuning.

Pengamat Energi Mamit Setiawan turut mendukung penggunaan BBM RON tinggi. Menurutnya, dengan menggunakan BBM RON tinggi, udara tidak hanya menjadi lebih bersih, namun juga sehat.

"Penggunaan BBM dengan oktan lebih tinggi ini sangat penting demi udara yang lebih sehat dan bersih, dan membuat akselerasi mesin tetap sempurna," ungkap Mamit.

"Karena penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan juga menguntungkan pemilik kendaraan," tambahnya.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved