Breaking News:

Marketplace Jadi Saluran Distribusi Baru Jangkau Konsumen

Pandemi Covid-19 mendorong digital marketplace menjadi salah satu solusi yang cocok dan berdampak pada peningkatan volume transaksi

medium.com
Ilustrasi online shoping 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Disrupsi teknologi mendorong berbagai industri untuk melakukan transformasi model bisnis hingga revolusi teknologi sebagai strategi dalam menghadapi perubahan.

Sejak tahun 2018 PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mulai melakukan strategi open collaboration dengan berbagai marketplace business to business (B2B).

Pandemi Covid-19 mendorong digital marketplace menjadi salah satu solusi yang cocok dan berdampak pada peningkatan volume transaksi serta perluasan pengguna marketplace B2B.

"Di satu sisi, pandemi ini telah menimbulkan dampak domino yang cukup besar bagi sektor kesehatan maupun perekonomian Indonesia seperti perubahan perilaku masyarakat yang beralih ke transaksi digital," kata Direktur Garudafood Paulus Tedjosutikno melalui keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Perilaku mencari barang kulakan secara online perlahan mulai terbentuk.

Baca juga: Produk UMKM Indonesia Didorong Masuk Marketplace Global

Bentuk marketplace business to business (B2B) yang dilakukan adalah joint promo, jaminan ketersediaan pasokan hingga kemitraan distribusi yang didukung oleh kekuatan jalur distribusi Garudafood yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Namun di sisi lain, ada sisi positif yang bisa kita tangkap sebagai peluang bisnis. Segala sesuatu sekarang dituntut memiliki proses yang cepat, efektif, efisien dan dapat dilakukan tanpa bertatap muka langsung,” kata Paulus.

Tren penjualan Garudafood dari tahun 2018 hingga saat ini pada platform marketplace B2B tumbuh hampir 6x lipat.

"Strategi marketplace ini juga menjadi new channel distribution baru yang terus kami optimalkan dalam menjangkau konsumen secara langsung," tutur Paulus.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved