Breaking News:

Hampir 9 Juta Merchant Sudah Manfaatkan QRIS Sebagai Sistem Pembayaran

Bank Indonesia mencatat, realisasi merchant atau pedagang yang memanfaatkan teknologi pembayaran QR Code Indonesia Standard

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
istimewa
Ilustrasi layanan pembayaran berbasis QR Code 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia mencatat, realisasi merchant atau pedagang yang memanfaatkan teknologi pembayaran QR Code Indonesia Standard (QRIS) hampir menembus 9 juta merchant.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Fitria Irmi Triswati mengatakan, realisasi angka tersebut tercatat per 21 Agustus 2021, dan telah tersebar di 34 provinsi dan 480 Kabupaten atau Kota di Indonesia.

“Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2019, QRIS tersebar di 34 Provinsi dan 480 Kota dan Kabupaten di Indonesia. Pada 21 Agustus 2021 jumlah merchant QRIS telah hampir mencapai 9 juta merchant, dimana 85 persen pelaku UMKM,” ujarnya Fitria secara daring, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Bos BRI Beberkan Sederet Keuntungan Merchant yang Gunakan Fitur QR Pedagang BRImo

Adanya inovasi QRIS ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pedagang dan juga pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran.

Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi digital, akan semakin memudahkan pelaku usaha untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa terbatas ruang dan waktu, termasuk dalam melakukan transaksi perbankan.

Baca juga: Setelah Thailand, BI Siapkan Kerjasama QRIS dengan Malaysia QR Payment

Sebagai informasi, trend payment di era digital kini menunjukkan perubahan dimana nasabah mulai menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran.

Sejak diluncurkan 2 tahun silam, kini masyarakat di kota besar sudah familiar dengan pembayaran dengan menggunakan QR Code.

QRIS kini telah menjadi tonggak baru metode pembayaran ritel di tengah pandemi.

Fitria juga mengatakan, selain menjadi solusi pembayaran yang sangat simple, QRIS dapat mendorong transaksi UMKM bisa lebih tercatat.

Baca juga: Wamendag Dorong Penggunaan QRIS untuk Transaksi Perdagangan

“Banyak manfaat bagi customer, dia aman cepat efisien higienis dan bagi merchant membantu pencatatan transaksi sehingga dapat membentuk kredit profile yang memudahkan akses pembiayaan UMKM,” papar Fitria.

“Bank Indonesia senantiasa mendukung transformasi ekonomi digital melalui pencapaian 12 juta merchant QRIS di tahun 2021,” pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved