Breaking News:

Anti Pemalsuan, Uang 10.000 Yen Baru Dengan Wajah Bapak Kapitalis Jepang

Uang kertas 10.000 yen yang baru dengan gambar wajah bapak Kapitalis Jepang Eiichi Shibusawa diperkenalkan Rabu ini

Richard Susilo
Foto uang 10.000 yen yang baru akan dikeluarkan 2024 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Uang kertas 10.000 yen yang baru dengan gambar wajah bapak Kapitalis Jepang Eiichi Shibusawa diperkenalkan Rabu ini (1/9/2021) oleh Menteri Keuangan Taro Aso bersama Gubernur Bank Sentral Jepang Haruhiko Kuroda.

Pencetakan uang kertas 10.000 yen yang baru dirancang, yang dijadwalkan akan diterbitkan pada paruh pertama tahun 2024, dimulai pada tanggal 1 September 2021 untuk awal pembuatannya.

Teknologi mutakhir telah diperkenalkan ke dalam uang kertas baru untuk tujuan mencegah pemalsuan.

Pencetakan dimulai dengan uang kertas 10.000 yen yang baru dirancang, dan potret itu disebut "bapak ekonomi Jepang modern" atau bapak kapitalis Jepang mencantumkan wajah Eichi Shibusawa yang memimpin industri Jepang  dari era Meiji hingga era Showa.

Upacara peringatan diadakan di pabrik Biro Percetakan Nasional di Tokyo, dan Wakil Perdana Menteri sekaligus merangkap  Menteri Keuangan Aso yang hadir menekan tombol dan mulai mencetak uang kertas baru.

Uang kertas baru dilengkapi dengan teknologi hologram tercanggih pertama di dunia untuk mencegah pemalsuan, dan ketika uang kertas dimiringkan pada suatu sudut, potret Shibusawa tampak bergerak tiga dimensi.

"Tanda air" tidak hanya memproyeksikan potret seperti sebelumnya, tetapi juga mengubah ketebalan kertas dengan halus untuk memberikan tampilan definisi kualitas tinggi.

Selain itu, uang kertas baru tersebut memiliki kelainan pada uang kertas sehingga penyandang disabilitas penglihatan dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis uang kertas dengan cara menyentuhnya dengan jari sehingga mudah dipahami bahkan oleh orang asing yang tidak dapat membaca.

Usai upacara, Menteri Aso mengatakan, "Kami bangga uang kertas cocok untuk era sekarang karena dirancang agar mudah digunakan semua orang dengan memanfaatkan sepenuhnya teknologi anti pemalsuan terbaru."

Menurut Kementerian Keuangan, pencetakan uang kertas 1000 yen dan uang kertas 5.000 yen baru akan dimulai sekitar musim gugur mendatang, dan setelah disesuaikan agar uang kertas baru dapat diidentifikasi oleh ATM, anjungan tunai mandiri,  pada paruh pertama tahun 2024 uang kertas 10.000 yen akan dikeluarkan.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved