Breaking News:

Rasa Kebersamaan Diperlukan untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

Usman Kansong menjelaskan diperlukan adanya rasa kebersamaan dari setiap kalangan agar pemulihan ekonomi dapat dilaksanakan secara agresif.

istimewa
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong menjelaskan diperlukan adanya rasa kebersamaan dari setiap kalangan agar pemulihan ekonomi dapat dilaksanakan secara agresif. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan kegiatan Literasi Pandemi dan Pemulihan Ekonomi di Kalangan Milenial Muslim pada Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan ini ditujukan untuk memompa semangat kebersamaan masyarakat khususnya umat islam di Indonesia untuk aktif membangun perekonomian Indonesia di tengah pandemic Covid-19.

Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong menjelaskan diperlukan adanya rasa kebersamaan dari setiap kalangan agar pemulihan ekonomi dapat dilaksanakan secara agresif.

Salah satu upaya pemulihan ekonomi adalah dengan pelaksanaan vaksin agar segera tercapai herd immunity, sehingga perlahan ekonomi bangsa bisa meningkat.

“Misalnya Fatwa MUI dianggap punya peran penting dalam menyukseskan program vaksinasi. Pandemi bisa jadi masih akan berlangsung lama, kita meski bersiap melakoni kehidupan tatanan hidup baru,” kata Usman.

Baca juga: Masyarakat Perlu Literasi dan Pembekalan Digital untuk Saring Informasi Palsu

“Pemerintah memerlukan peran tokoh-tokoh agama, alim ulama, tokoh masyarakat, untuk mengajak masyarakat tetap memakai masker dan segera divaksinasi,” tambahnya.

Salah satu upaya lainnya memacu pertumbuhan ekonomi adalah dengan memanfaatkan teknologi atau lebih dikenal dengan ekonomi digital.

Usman menambahkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat kebiasaan masyarakat berubah mengikuti perkembangan zaman.

Tingkat transaksi digital sangat tinggi di masa pandemi, mencapai 400 persen per bulan.

Ia mengajak seluruh kalangan masyarakat dapat memanfaatkan momentum ini untuk memulihkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Miftachul Akhyar menuturkan pandemi telah melahirkan budaya baru dalam tata kelola kehidupan.

Ia menegaskan MUI mendukung setiap langkah pemerintah dalam situasi darurat penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Penelitian Forum Solidaritas Kemanusiaan Donasi Naik 20 Persen di Masa Pandemi Saat Ekonomi Lemah

“Sebagai bagian dari entitas bangsa Indonesia, MUI turut mendukung pemerintah dalam merespons situasi penanganan pandemi. Bentuk dukungan nyata, MUI meluncurkan Gerakan Nasional Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujarnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved