Breaking News:

#BangkitBersama Tangani COVID-19, GoTo Perluas Akses Konsentrator Oksigen bagi Faskes Tingkat Daerah

GoTo turut membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan COVID-19 melalui bantuan berupa pemberian lebih dari 1.000 unit konsentrator oksigen.

Admin: Sponsored Content
ISTIMEWA
Penyerahan Konsentrator Oksigen kepada Dinas Kesehatan Kota Bogor dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno, MARS pada tanggal 30 Agustus 2021. 

TRIBUNNEWS.COM – GoTo, grup perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial turut membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan COVID-19 melalui bantuan berupa pemberian lebih dari 1.000 unit konsentrator oksigen.

Melansir rilisan pers GoTo, konsentrator oksigen membantu pemenuhan kebutuhan pasokan oksigen di fasilitas-fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Perangkat ini bekerja dengan menghilangkan kandungan nitrogen di udara untuk menghasilkan oksigen murni hingga 96%.

Sumbangan konsentrator oksigen dari GoTo disalurkan melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi rintisan Gojek untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui semangat Gotong Royong, di mana komunitas dapat menginisiasi kegiatan filantropi bersama, baik secara internal Gojek maupun kemitraan dengan sektor swasta dan publik.

Pengiriman konsentrator oksigen akan dilakukan secara bertahap sejak tanggal 20 Agustus dan saat ini masih berlangsung. Tahapan pertama telah dirampungkan dengan mengirim 200 unit konsentrator ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 9 Agustus 2021.

Sejak 20 Agustus 2021, konsentrator oksigen mulai didistribusikan ke 46 kota, kabupaten, dan provinsi secara bertahap.

Bentuk Kolaborasi Gotong Royong dengan pemerintah regional

Di wilayah Bodetabek, sebanyak 115 konsentrator dengan rincian, 40 unit untuk wilayah Tangerang dan 75 unit untuk wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi telah disalurkan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Allin Hendalin Mahdaniar mengapresiasi bantuan inisiatif gotong royong dari GoTo.

“Bantuan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan faskes di Kota Tangerang Selatan yang saat ini merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Ini menunjukkan pentingnya kolaborasi dan gotong royong dengan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan. Untuk itu saya sangat mengapresiasi dukungan GoTo turut memperkuat upaya penanganan COVID-19 di Kota Tangerang Selatan,” ungkap Allin, dikutip dari rilisan pers yang diterima Tribunnews, Jumat (3/9/2021).

Untuk wilayah Jawa Barat, bantuan diterima langsung oleh oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Walikota Bandung, Oded M. Danial sebanyak 75 unit, wilayah DIY disalurkan ke Pemprov DIY, Pemkab Bantul, Pemkab Sleman, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Kulon Progo sebanyak 65 unit dan diterima langsung oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Bupati Sleman Kustini Purnomo, serta Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Sementara itu, di provinsi Jawa Timur bantuan sebanyak 95 unit konsentrator, beberapa telah diterima langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi. Provinsi Bali secara keseluruhan akan menerima 70 unit yang diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Bali Wayan Koster.

Untuk wilayah di luar Jawa dan Bali, pemberian konsentrator disalurkan melalui rumah sakit daerah Pemkot Balikpapan dan Pemkot Samarinda sebanyak 30 unit dan diterima langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Bergotong royong bantu ikhtiar pemerintah perangi COVID-19

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama hasil inisiasi GoTo, yang bertujuan membantu upaya pemerintah menangani COVID-19.

Melalui ekosistem digital GoTo, gerakan ini juga bertujuan bergotong royong bantu masyarakat melewati masa-masa sulit selama pandemi COVID-19, termasuk mendukung UMKM dan pekerja sektor informal untuk bangkit dari pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi bantuan konsentrator oksigen yang diberikan GoTo dalam penanganan pandemi COVID-19. Menurutnya, konsentrator oksigen sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan faskes di Indonesia yang saat ini merawat pasien Konfirmasi COVID-19 dengan kondisi sedang-berat.

“Saya sangat menyadari bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus melalui upaya  bersama dengan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan. Untuk itu saya sangat mengapresiasi dukungan GoTo, yang dengan kolaborasi gotong royong, turut memperkuat upaya penanganan COVID-19,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO GoTo Andre Soelistyo mengungkapkan, penanganan Covid-19 membutuhkan semangat gotong royong yang dilakukan oleh GoTo dengan menggandeng sejumlah startup yang tergabung dalam Sequoia Capital India.

Andre berharap dukungan langsung dari GoTo dapat meringankan upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

“Donasi  konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan Covid-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung Pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan,” tambahnya.

Tak hanya memberikan bantuan berupa konsentrator, GoTo Group juga melakukan upaya lain, seperti pemberian paket sembako dan pemotongan beban operasional kepada mitra driver.

Sebagai tambahan, GoTo juga memberikan bantuan berupa biaya perawatan dan pengobatan pasien Covid-19, paket pangan serta bahan makanan pokok, pemenuhan suplai listrik rumah tangga, bantuan modal usaha, bantuan sosial kepada masyarakat.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved