Breaking News:

Bank Mandiri Cairkan Rp 1,29 Triliun BSU untuk 1,29 Juta Pekerja

Nilai BSU yang diberikan untuk setiap pekerja sebesar Rp 1 juta per pekerja untuk periode dua bulan, yaitu Agustus dan September.

Handout
Hingga 9 September 2021, Bank Mandiri telah merealisasikan penyaluran BSU kepada 1,29 juta pekerja senilai Rp1,29 triliun 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) melibatkan Bank Mandiri dan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lainnya untuk memastikan program berjalan sesuai target yang telah ditetapkan. 

"Program bantuan ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah untuk mengurangi dampak PPKM di masa pandemi. Kami menunjuk Himbara, agar penyaluran BSU bisa lebih cepat, efisien serta tidak ada biaya administrasi," ujar Ida dalam keterangannya, Jumat (10/9/2021).

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas memaparkan, Bank Mandiri tahun ini akan menyalurkan BSU kepada sekitar 2,5 juta pekerja di seluruh Indonesia. 

Data itu mencakup pula 29 ribu pekerja di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang akan menerima BSU melalui Bank Syariah Indonesia. 

Nilai BSU yang diberikan untuk setiap pekerja sebesar Rp 1 juta per pekerja untuk periode dua bulan, yaitu Agustus dan September.

Baca juga: BSU Rp 1 Juta Tahap 4 Kapan Cair? Berikut Cara Cek dan Cairkan Bantuan Subsidi Upah 2021

"Berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan, kami lalu melakukan pencetakan buku tabungan dan melakukan mapping atas lokasi perusahaan para penerima BSU untuk menentukan cabang penyaluran terdekat," ujarnya.

Baca juga: Menaker Ida: BSU Telah Tersalurkan kepada 3,2 Juta Pekerja

Sosialisasi internal mengenai proses penyaluran ini juga dilakukan, termasuk penyiapan counter khusus agar pencairan dana BSU sesuai jadwal.

Hingga 9 September 2021, Bank Mandiri telah merealisasikan penyaluran BSU kepada 1,29 juta pekerja atau buruh senilai Rp1,29 triliun, baik bagi pekerja yang telah memiliki rekening maupun yang dibukakan rekening baru di Bank Mandiri.

Baca juga: Masuk Kriteria Tapi Belum Terima BSU Rp 1 Juta? Ini Penjelasan Menaker

Khusus di wilayah Jawa Barat, Bank Mandiri menyalurkan BSU kepada 209 ribu pekerja. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved