Breaking News:

Virus Corona

Antisipasi Varian Baru Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenhub Batasi Pintu Masuk Internasional

Kemenhub membatasi pintu masuk internasional transportasi darat, laut dan udara.

TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Petugas Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, melakukan penyemprotan menggunakan bahan kimia di sejumlah area publik bandara. Upaya ini untuk mengantisipasi pandemi virus corona yang kasusnya terus bertambah di Indonesia. Penyemprotan ini dilakukan sejak pagi, mulai sekira pukul 08.00 WIB menyasar area seperti masjid, musala, drop zone, pemberangkatan, seputar pintu kedatangan dan ruang tunggu, Jumat (13/03/20). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi pintu masuk internasional transportasi darat, laut dan udara, sebagai bentuk antisipasi masuknya varian baru Covid-19 yaitu Mu atau B.1.621.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan pembatasan tersebut diatur dalam sejumlah Surat Edaran (SE) Kemenhub tentang petunjuk perjalanan orang dari luar negeri dari masing-masing sektor transportasi.

"Untuk transportasi Darat diterbitkan SE Nomor 75 tahun 2021, Laut dengan SE Nomor 76 tahun 2021 dan Udara dengan SE Nomor 74 tahun 2021," ucap Adita, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Waspada, Virus Covid-19 Varian Mu Sudah Sampai Malaysia

Ia menambahkan, SE ini berlaku efektif pada 16 September 2021 untuk darat dan laut serta 17 September 2021 untuk udara sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Adita mengungkapkan, secara umum pengaturan syarat perjalanan internasional baik di darat, laut, dan udara masih sama seperti aturan sebelumnya.

"Tetapi yang membedakan adalah saat ini, merujuk pada Inmendagri No 42, dilakukan pembatasan pintu kedatangan pelaku perjalanan internasional baik di Pos Lintas Batas Negara (PLBN), pelabuhan maupun bandara," ucap Adita.

Untuk bandara yang dibuka hanya Bandara Soekarno Hatta dan Sam Ratulangi Manado.

Untuk pelabuhan hanya dibuka di Pelabuhan Batam dan Nunukan.

Serta, untuk PLBN hanya dibuka di Terminal Entikong dan Aruk.

Halaman
12
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved