Breaking News:

Virus Corona

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal, APPBI: Bisa Gerakkan Usaha Pusat Perbelanjaan

APPBI menyambut baik keputusan pemerintah yang memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk mal atau pusat perbelanjaan.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pengunjung melakukan scan QR Code dengan aplikasi PeduliLindungi untuk dapat izin masuk mal di Bandung Electronic Center (BEC), Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/8/2021). Sebanyak 23 mal di Kota Bandung diizinkan kembali beroperasi dalam rangka uji coba selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021. Pusat perbelanjaan tersebut diizinkan buka dengan kapasitas pengunjung 25 persen, semua pegawai dan pengunjung sudah harus tervaksin Covid-19, anak usia di bawah 12 tahun dan dewasa di atas 70 tahun dilarang masuk, serta menerapkan protokol kesehatan ketat. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyambut baik keputusan pemerintah yang memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk mal atau pusat perbelanjaan.

"Pelonggaran tersebut sangat diperlukan pusat perbelanjaan untuk bisa menggerakkan perekonomian, khususnya menggerakkan kondisi usaha pusat perbelanjaan melalui peningkatan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan," kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja saat dihubungi, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Aturan Baru PPKM Jawa-Bali Level 3 & 2: Bioskop Dibuka, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Alphonzus menyebut, saat ini kondisi di dalam pusat perbelanjaan sudah jauh lebih aman dan lebih sehat, karena semua orang yang berada di dalam pusat perbelanjaan sudah divaksinasi.

"Ini karena adanya pemberlakuan protokol wajib vaksinasi yang pemeriksaannya dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi, sehingga sebenarnya dapat diberikan berbagai pelonggaran berikutnya untuk pusat perbelanjaan," paparnya.

Oleh sebab itu, Alphonzus berharap ke depan usia kurang dari 12 tahun dapat memasuki semua pusat perbelanjaan di berbagai daerah, tanpa ada pembatasan wilayah.

Sebelumnya, pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 4 Oktober 2021.

Baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Luhut Sebut Akan Uji Coba Pembukaan Mal bagi Anak di Bawah 12 Tahun

Kali ini, pemerintah melakukan ujicoba dengan memperbolehkan anak di bawah 12 tahun masuk mal.

"Akan dilakukan uji coba pusat perbelanjaan mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun," kata Menteri Kordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Senin (20/9/2021).

Luhut mengatakan anak yang akan masuk mal tersebut harus dengan pendampingan orang tua.

Kebijakan tersebut akan berlaku di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

"Dengan pengawasan dan pendampingan orang tua," katanya.

Diperbolehkannya anak usia di bawah 12 tahun masuk mal, seiring dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang terus membaik.

Luhut mengatakan, saat ini kasus baru Covid-19 sebanyak 1.932 kasus, pasien Covid-19 yang sembuh mencapai 6.799, dan warga yang meninggal akibat Covid-19 mencapai 166 orang.

"Jadi saya katakan bahwa angka ini kerja keras semua tim, membuahkan hasil yang cukup menggembirakan," pungkasnya.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved