Breaking News:

PT PP Lakukan Pemancangan Tiang Pertama Sistem Penyediaan Air Minum Lintas Kota

SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani lebih dari 624 ribu jiwa.

istimewa
PT PP melalui anak dan cucu usahanya, PT PP Infrastruktur dan PT PP Tirta Riau melakukan pemancangan tiang pertama SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PP (Persero) melalui anak dan cucu usahanya, PT PP Infrastruktur dan PT PP Tirta Riau melakukan pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dan bagian dari kerja sama penyelenggaraan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar kapasitas 1.000 liter per detik (lpd) antara Perumdam Tirta Siak Kota Pekanbaru, Perumdam Tirta Kampar Kabupaten Kampar, serta PT Sarana Pembangunan Riau.

Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priyambodo mengatakan, pembangunan tersebut direncanakan berlangsung dalam dua tahap dengan total kapasitas sebesar 1.000 liter per detik, dan hasil keluaran standar kualitas air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan dan pelayanan 24 jam per hari.

Baca juga: Anak Agung Gde Anom Sarankan Pembangunan Fasilitas Kesehatan dan PDAM Diprioritaskan

"Sedangkan pembangunan jaringan pipa akan dilaksanakan dalam empat tahap, yang direncanakan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun non rumah tangga di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar," ujar Satya, Selasa (21/9/2021).

Sekretaris Perusahaan PT PP Yuyus Juarsa menambahkan, SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani lebih dari 624 ribu jiwa.

Ia menyebut, dari 624 ribu jiwa, sekitar 102 ribu sambungan rumah di lima kecamatan, yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan dari sebelumnya 0 persen di area pelayanan menjadi 55 persen di area greenfields.

"Sumber air baku yang akan digunakan di daerah tersebut berasal dari Sungai Kampar," kata Yuyus.

Baca juga: Calon Wali Kota Solo Bagyo Menunggak Bayar PDAM hingga Rp 25 Juta, Sebut akan Bayar Bertahap

Selain investasi unit produksi lingkup hulu dan unit distribusi di lingkup hilir, PP Tirta Riau akan mensupport Perumdam dalam bentuk perencanaan, serta pendampingan manajemen.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja Perumdam dalam melaksanakan kegiatan penyediaan air minum bagi kebutuhan pelanggan, baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan.

Baca juga: Pejabat PDAM Cianjur Pulang dari Eropa, Suhu Tubuh Normal, Jalani Karantina 14 Hari

Untuk memfasilitasi terselenggaranya SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar dapat berjalan dengan lancar dalam hal penyerapan pelanggan, turut dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU).

MoU tersebut ditandatangani Perumdam Tirta Siak & Perumdam Tirta Kampar dengan Asosiasi Pengembang Perumahan (Aspernas), Real Estate Indonesia (REI) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved