Breaking News:

Kemenperin Sebut Akses Pasar Jadi Permasalahan Klasik di Industri Kecil Menengah

Melalui program e-Smart, IKM memiliki akses digital ke marketplace global, serta berhak mendapatkan pendampingan pembangunan bisnis digital

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Eko Sutriyanto
Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan Tribunnews,com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kinerja Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerap mengalami pasang surut dan bahkan sulit berkembang.

Kementerian Perindustrian melalui Menteri Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan, permasalahan dari IKM ini sebenarnya sangat klasik, yakni akses pasar.

Maka dari itu, dirinya mengajak seluruh pihak terkait untuk bersinergi dan berkolaborasi.

“Kendalanya sangat klasik, market. Nah, tentu dibutuhkan sinergi dan kerja sama dengan berbagai stakeholder termasuk Pemerintah, dan kami sudah saling koordinasi,” ujar Menteri Agus dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII, Rabu (22/9/2021).

Untuk mendorong kinerja IKM, Agus melanjutkan, Kementerian Perindustrian terus memfasilitasi para pelaku untuk dapat berpartisipasi dalam program e-Smart IKM, yang juga bekerja sama dengan beberapa marketplace.

Baca juga: Ganjar Bantu Pasarkan Produk UKM Jateng ke Jepang

Melalui program e-Smart IKM, para peserta yang terpilih akan memiliki akses digital ke marketplace global, serta berhak mendapatkan pendampingan pembangunan bisnis digital dari para ahli.

“Kami punya program e-Smart IKM, di situ kita perkenalkan teknologi. Bukan hanya proses produksinya tetapi yang paling penting adalah mereka bisa masuk ke e-commerce,” papar Agus.

“Ini baru launching 2017 tapi sudah 13 ribu industri kecil sudah kita beri pelatihan dari mulai produksi hingga digitalnya dan sudah masuk ke e-commerce,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Agus juga telah meminta tambahan anggaran belanja Kementerian Perindustrian tahun anggaran 2022.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved