Breaking News:

Pesan Iriana untuk Pelaku UMKM: Peluang Pasar Internasional Terbuka Luas, Manfaatkan Ruang Virtual

Iriana mengajak para pelaku UMKM terus berinovasi, berkreativitas, serta tak berputus asa menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang berat.

Tribunnews.com
Iriana Jokowi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 digelar Bank Indonesia (BI) sebagai upaya mendorong pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Go Global dan Go Digital sebagai penopang perekonomian Indonesia.

Penyelenggaraan ini juga dikaitkan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI-BWI).

Acara dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) secara virtual.

Dalam kesempatan itu, Iriana mengajak para pelaku UMKM terus berinovasi, berkreativitas, serta tak berputus asa menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang berat.

UMKM Indonesia dimintanya mempersiapkan diri ke depan dengan meningkatkan keahlian dari sisi produk, desain, dan pemasaran, agar dapat menjawab selera dan kebutuhan masyarakat domestik dan internasional.

"Peluang UMKM kita untuk tumbuh besar dan maju terbuka sangat luas. Pasar domestik kita sangat besar. Ada 277 juta penduduk Indonesia yang siap membeli produk-produk berkualitas UMKM Indonesia. Pasar internasional peluangnya juga terbuka semakin luas, pemanfaatan ruang-ruang virtual untuk mempromosikan dan memasarkan produk dapat memperluas jangkauan pengenalan produk-produk UMKM Indonesia," ujar Iriana, Kamis (23/9/2021).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan gelaran KKI kali ini bisa diakses melalui website yang telah disediakan secara resmi di website Bank Indonesia maupun website resmi dari rangkaian festival KKI 2021.

Sehingga akan membantu siapapun mengakses KKI secara mudah dimanapun dan kapanpun.

Baca juga: Kembangkan Usaha, Menko Perekonomian Minta Pelaku UMKM Manfaatkan KUR Bunga 3 Persen

Selain itu, BI mengembangkan sistem pembayaran yang lebih cepat, mudah, murah dan aman guna mendorong UMKM mudah memasarkan dengan upaya-upaya digitalisasi menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

"Kami hadirkan UMKM yang berkualitas dan untuk barang yang mau dilihat atau dibeli bisa diakses di mana saja everywhere, anytime. Demikian juga kami hadirkan integrasi ekonomi dan keuangan digital yang akan kami terus akselerasi melalui digitalisasi," kata Perry.

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved