CORE: 73 Persen UMKM Transaksi dengan Uang Elektronik

Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah memaparkan sebanyak 73 persen UMKM melakukan transaksi dengan uang elektronik.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CORE Indonesia melakukan survei terhadap 2.001 UMKM mitra di 12 kota di 8 provinsi pada awal 2021.

Hasil studi memperlihatkan bahwa sebagian besar pelaku UMKM yang dijadikan responden merasa terbantu sejak hadirnya uang elektronik.

Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah memaparkan sebanyak 73 persen UMKM melakukan transaksi dengan uang elektronik.

Baca juga: Atlet Sepatu Roda DKI Jakarta Naura Bidik Emas Kelima di Nomor Beregu Time Trial PON XX Papua

Ia mencontoh uang elektronik berbasis aplikasi OVO ideal digunakan UMKM.

“Ekosistem OVO memberikan dampak ekonomi sosial yang signifikan bagi UMKM di tengah pandemi COVID-19. Kontribusinya mencapai 18 persen dari total penjualan mereka.” kata Piter dalam keterangannya, Jumat (1/10/2021).

Ekonom Senior dan Founder CORE Indonesia, Hendri Saparini menjelaskan, dari survei CORE diketahui bahwa ternyata perilaku pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan transformasi digital yang ada.

“Jadi, tidak perlu khawatir bahwa perubahan perilaku tidak diikuti oleh pelaku usaha, khususnya UMKM. Kenyataannya, pelaku usaha juga cepat mengadopsi inovasi di bidang digitalisasi pembayaran," terang Hendri.

Baca juga: Gercep, Ada Paket Cicilan Ringan Nih! Rp 3 Jutaan/Bulan untuk Rush, Rp 4 Jutaan untuk Vios

Selanjutnya ini menjadi aset bagi pemerintah, karena digitalisasi pembayaran ini menghasilkan big data yang luar biasa.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM Eddy Satriya mengapresiasi riset CORE Indonesia ini.

"Adopsi pembayaran digital semakin kencang seiring dengan pandemi COVID-19, khususnya terpengaruh berbagai pembatasan mobilitas. UMKM memainkan peranan penting sebagai roda penggerak ekonomi, terutama di negara-negara berkembang," tutur Eddy.

Menurut Badan Pusat Statistik, lebih dari 64 juta UMKM Indonesia berkontribusi sekitar 61 persen bagi PDB nasional.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved