Breaking News:

Wamendag Sebut Peran Anak Muda Bakal Tingkatkan Kinerja Ekspor

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyakini kinerja ekspor Indonesia akan terus meningkat, seiring peran anak muda yang banyak jadi eksportir.

Fitri Wulandari
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020) sore 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyakini kinerja ekspor Indonesia akan terus meningkat, seiring peran anak muda yang kini banyak menjadi eksportir. 

Hal tersebut disampaikan Jerry saat menerima Ketua Gerakan Muda Pembaharu Indonesia Petrus Sihombing dan beberapa pengurusnya di kantor Kementerian Perdagangan. 

Jerry menjelaskan, sepanjang 2020 hingga kuartal III 2021 Indonesia terus mencatatkan kinerja perdagangan internasional yang sangat baik. 

Baca juga: Pesan Wapres untuk Dorong Pengembangan UMKM Berorientasi Ekspor

Setelah mencatat surplus hingga 20 miliar dolar AS pada 2021, dan sampai Agustus 2021 saja perdagangan luar negeri Indonesia sudah surplus lebih dari 19 miliar dolar AS. 

"Semakin besarnya minat anak muda yang terjun ke industri berorientasi ekspor akan mengembangkan produk dan negara tujuan ekspor," ujar Jerry, Jumat (1/10/2021).

Menurut Jerry, semangat anak muda menjadi entrepreneur mulai terlihat marak sejak beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Kebijakan Industri Beroperasi 100 Persen Bisa Pacu Pasar Ekspor dan Penambahan Pekerja

Saat ini, kata Jerry, bukan hanya semangat entrepreneurship yang muncul tetapi bahkan semangat untuk menembus pasar ekspor, dan out of the box dalam mengembangkan produk ekspor.

“Bukan hanya sektor-sektor yang mainstream yang dikembangkan seperti kopi atau porang, anak muda juga pintar mengembangkan produk-produk unik. Misalnya ada yang serius garap sabut kelapa, pelepah pisang dan lain-lain," ucapnya. 

"Sekilas itu barang-barang yang sederhana atau bahkan sering dianggap sampah, tapi di tangan anak muda yang kreatif semua bisa jadi produk yang sangat bernilai ekonomis," sambung Jerry.

Baca juga: Mendag Lutfi Bicara Pemulihan Ekspor Indonesia di Tengah Pandemi

Selain itu, Jerry menyebut, anak muda juga mulai banyak menggarap sektor-sektor kreatif berbasis teknologi digital seperti aplikasi, game online, simulator, hingga film-film animasi.

Melihat kondisi tersebut, Jerry menilai perlu perlu ada fasilitasi yang serius untuk mendukung minat anak muda, dan sinergi lintas kementerian dan pemangku kepentingan agar bisa berjalan makin baik ke depan. 

"Saya senang sekali karena komunikasi kita dengan kementerian lain makin berjalan baik, karena itu sinergi dalam sistem produksi, pembiayaan, pemasaran hingga logistik dan transportasi juga makin baik. Ke depan kita berharap bisa menyelesaikan makin banyak persoalan agar ekspor kita makin berjaya," papar Jerry. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved