Breaking News:

Wamen LHK: Mangrove Fitur Alami Signifikan Redam Abrasi Laut

Wamen LHK Alue Dohong mengatakan pemerintah melakukan rehabilitasi mangrove untuk mempertahankan kestabilan bentang alam pesisir

Penulis: Reynas Abdila
zoom-inlihat foto Wamen LHK: Mangrove Fitur Alami Signifikan Redam Abrasi Laut
Tribunnews.com/Reynas Abdila
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong mengatakan pemerintah melakukan rehabilitasi mangrove untuk mempertahankan kestabilan bentang alam pesisir.

Menurut dia, penanaman mangrove sesuai arahan Presiden Jokowi berguna untuk mempertahankan pengendalian abrasi laut dan mereduksi dampak dari bencana tsunami.

“Mangrove merupakan fitur alami yang mampu secara signifikan meredam dan menurunkan abrasi laut dan juga magnitude bencana gelombang tsunami, sehingga eskalasi bencana dan potensi kerugian, serta korban dapat direduksi," kata Alue dalam keterangannya, Senin (11/10/2021).

Mangrove juga berperan besar dalam pengendalian perubahan iklim melalui kemampuannya dalam menyimpan dan menyerap karbon 4-5 kali lebih banyak dari hutan tropis daratan. 

"Semua keunggulan ekosistem mangrove tersebut menjadi pertimbangan penting yang menyatu dengan upaya menjaga kestabilan tata kelola bentang alam dan perbaikan mutu lingkungan," ucapnya.

Ia pun menegaskan bahwa rehabilitasi mangrove berperan penting untuk menjaga kedaulatan ekonomi dan kedaulatan politik Indonesia berupa keutuhan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena wilayah hutan mangrove berada di pesisir-pesisir yang merupakan titik pangkal terluar untuk batas laut teritorial.

"Jangan sampai batas negara ini tergerus oleh abrasi akibat tidak adanya ekosistem mangrove," imbuhnya.

Baca juga: Jaga Ekosistem Alam, Masyarakat Mulai Melakukan Penanaman Mangrove

Plt. Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK Helmi Basalamah menyebutkan jika Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan.

"Pemerintah secara konsisten terus mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua pihak yang terkait, terutama masyarakat di seluruh Provinsi di Indonesia," ujar Helmi.

Presiden Joko Widodo mendatangi hutan mangrove di Provinsi Bali yang dibangun sejak tahun 2003
Presiden Joko Widodo mendatangi hutan mangrove di Provinsi Bali yang dibangun sejak tahun 2003 (Sekretariat Presiden)
Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved