Breaking News:

38 Perusahaan Baru Tercatat di Bursa, Luhut: Paling Banyak di ASEAN

Jumlah perusahaan baru yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak awal tahun 2021 hingga Oktober mencapai 38 perusahaan.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Ilustrasi: Layar pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Jumlah perusahaan baru yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak awal tahun 2021 hingga Oktober mencapai 38 perusahaan.

Jumlah ini disebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi bursa efek dengan perusahaan baru tercatat terbanyak di antara negara anggota Perhimbunan Negara Asia Tenggara atau ASEAN.

“Angka pencatatan saham baru ini juga merupakan yang tertinggi di ASEAN, serta masuk dalam urutan ke-12 di dunia,” kata Luhut dalam gelaran Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2021, di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Nggak Hanya IHSG, Kurs Rupiah Pagi Ini Juga Dibuka Menguat Tajam

Lebih lanjut Luhut menyebutkan, angka tersebut masih berpotensi terus bertambah, dengan adanya 25 calon perusahaan yang sudah mengantre untuk melantai di BEI.

Dari sisi permintaan, dikatakan dia, jumlah investor yang meliputi investor saham, reksadana, dan obligasi di pasar modal sampai dengan 30 September 2021 jumlahnya mencapai 6,43 juta investor.

Jumlah itu meningkat 66 persen dibandingkan akhir akhir tahun 2020, atau hampir naik lima kali lipat sejak tahun 2017.

Baca juga: Sesi Pertama Jumat, IHSG Menghijau ke Level 6.469, Asing Cetak Net Buy Hingga Rp 1,128 Triliun

“Angka ini secara umum didominasi oleh investor retail yang proporsinya mencapai 90 persen dari total keseluruhan investor.

Meningkatnya partisipasi investor retail yang mayoritas merupakan investor domestik, merupakan pencapaian yang membanggakan sekaligus tidak disangka-sangka,” tutur Luhut.

Dengan capaian-capaian tersebut, Luhut menilai, pasar modal telah berperan penting dalam membantu upaya pemerintah memulihkan perekonomian nasional. (Rully R. Ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut: Pencatatan Saham Baru di BEI Tertinggi di ASEAN"

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved