Breaking News:

AirAsia X Merugi Hingga Rp 84 Triliun Akibat Pandemi Covid-19

maskapai milik Tony Fernandes tersebut mengalami kerugian karena adanya pembatasan perjalanan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Penulis: Hari Darmawan
ist
AirAsia X Merugi Hingga Rp 84 Triliun Akibat Pandemi Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan jarak jauh AirAsia X yang merupakan bagian dari AiraAsia Group, mengalami kerugian pada kuartal dua 2021 sebesar 24,6 miliar ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 84 triliun.

Menurut laporan dari laman situs Forbes pada Kamis (14/10/2021), maskapai milik Tony Fernandes tersebut mengalami kerugian karena adanya pembatasan perjalanan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Dampak dari pembatasan perjalanan ini AirAsia X mengalami kerugian yang cukup besar. Kerugian ini merupakan yang terbesar, tercatat pada tahun lalu AirAsia X hanya  rugi Rp 1 triliun dan pada 2021 ini kerugian tersebut meningkat.

Akibat dari kerugian ini, maka perusahaan juga mempertimbangkan pengembalian sejumlah armada kepada lessors untuk menghentikan penerbangan yang tidak menguntungkan

Selain itu AirAsia X juga telah melakukan negosiasi dengan kreditur pesawat, untuk merestrukturisasi utang di tengah meningkatnya kerugian akibat pandemi Covid-19.

Untuk di Indonesia, AirAsia sudah mulai kembali membuka jadwal penerbangan berjadwal pada Oktober 2021.

Rute penerbangan berjadwal AirAsia Indonesia yang akan dibuka kembali pada Oktober 2021 yaitu, Jakarta-Bali PP dan juga Jakarta-Kuala Lumpur PP.

Baca juga: AirAsia Indonesia Kembali Terbang Mulai Oktober 2021 untuk Rute Jakarta Tujuan Kuala Lumpur dan Bali

Penerbangan perdana yang akan dilakukan AirAsia Indonesia yaitu pada 2 Oktober 2021 dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur. Rute ini, nantinya akan beroperasi setiap hari Kamis dan Sabtu.

Operasional penerbangan berjadwal Jakarta-Kuala Lumpur dilayani dengan nomor pesawat QZ 202 dengan jadwal berangkat dari Jakarta pukul 07.15 WIB. Sedangkan dari Kuala Lumpur menuju Jakarta dilayani dengan pesawat QZ 203 yang berangkat dari Kuala Lumpur pukul tiga sore waktu setempat.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved