Breaking News:

Buka Otonomi Expo 2021, Jokowi Puji Iklim Investasi di Daerah yang Semakin Membaik

Jokowi menekankan pentingnya kemudahan berusaha di daerah demi menarik banyak investor

Editor: Choirul Arifin
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Anang Busra, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (19/10/2021) pagi. Presiden Jokowi akan melakukan penanaman pohon mangrove di Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung. Selain itu meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara door to door (pintu ke pintu) di Kelurahan Karang Rejo dan vaksinasi untuk pelajar di SMPN 1 Kota Tarakan, serta menyerahkan bantuan kepada para pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Kuliner Sebengkok, Kota Tarakan. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Apkasi Otonomi Expo tahun 2021 di Istana Negara hari ini, Rabu (20/10/2021).

Jokowi menekankan pentingnya kemudahan berusaha di daerah. Sehingga nantinya akan mampu menarik banyak investor untuk masuk ke daerah dan menggerakkan ekonomi.

"Menunjukkan bahwa iklim investasi di daerah-daerah kita ini semakin baik," ujar Jokowi.

Jokowi bilang perlu adanya kepastian hukum dalam kegiatan berusaha di daerah. Selain itu, perlu juga menekankan kemudahan perizinan dalam mendirikan usaha.

Saat ini pemerintah juga telah mengembangkan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Kemudahan dan kepastian tersebut diharapkan dapat munculkan usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja.

Baca juga: Apeksi dan Apkasi Serahkan Draft Modul BLUD Bidang Persampahan ke Kemendagri

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pentingnya investasi dalam menggerakkan ekonomi di tengah pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

Pandemi Covid-19 tidak hanya menciptakan krisis kesehatan namun juga krisis ekonomi.

Baca juga: Apkasi Curhat ke Mendagri, Berkurangnya Dana Transfer Picu Produk Domestik Bruto Jadi Ngepres

"Kita harus mulai mengaktifkan ekonomi kita dan selalu siaga menghadapi semua hal yang tidak pasti," ungkap Jokowi.

Apkasi Otonomi Expo merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Pameran tersebut diselenggarakan pada 20 hingga 22 Oktober 2021.

Laporan Reporter: Abdul Basith Bardan

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Buka Otonomi Expo 2021, Jokowi tekankan kemudahan investasi di daerah

Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved