Breaking News:

Sandiaga Sebut Bali dan Kepulauan Riau Sudah Siap Terima Wisatawan Mancanegara

Pembukaan pariwisata untuk wisman sudah kita luncurkan 14 Oktober untuk Bali dan Kepulauan Riau

ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya terus berbenah guna memulihkan kondisi ekonomi dan pariwisata di Tanah Air yang terdampak pandemi Covid-19.

Terkini, Sandiaga menegaskan target pariwisata 2021 akan ditingkatkan agar dapat membangkitkan kembali lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Uno: Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Penopang Ekonomi Nasional

"Target pariwisata 2021 ini memang harus dikalibrasi, jadi terlihat akan ada peningkatan sedikit dibanding tahun ini," ujar Sandiaga dalam webinar 'Merebut Potensi Besar di Pasifik Melalui Pacific Exposition 2021', Jumat (22/10/2021).

"Tapi yang kita fokus adalah kontribusi terhadap Gross Domestic Product (GDP) dan lapangan pekerjaannya, karena 34 juta masyarakat Indonesia menggantungkan pada pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit, maka lapangan pekerjaan akan terbuka luas," imbuhnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Kemenparekraf Siapkan Inovasi hingga Kolaborasi untuk Pengembangan UMKM

Politikus Gerindra itu mengatakan bahwa pemulihan pariwisata sudah dilakukan secara bertahap.

Seperti wisatawan mancanegara (wisman) sudah diizinkan kembali masuk ke Indonesia, dengan destinasi khusus di Bali dan Kepulauan Riau.

Terkini, situasi Bali dan Kep. Riau sendiri menunjukkan situasi kondusif dan diharapkan vaksinasinya akan terus meningkat.

"Pembukaan pariwisata untuk wisman sudah kita luncurkan 14 Oktober untuk Bali dan Kepulauan Riau, ada 19 negara yang sekarang dimasukkan dalam list dan tentu persyaratannya cukup ketat," jelasnya.

Sementara Bali dan Kep. Riau disiapkan untuk menerima wisatawan mancanegara, Sandiaga menyebut destinasi lainnya disiapkan bagi wisatawan nusantara.

Antara lain seperti Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, maupun Mandalika dan Likupang. Khusus Mandalika, Sandiaga menyebut destinasi itu juga disiapkan sebagai lokasi side event dari G20 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Mandalika akan menyelenggarakan World Superbike, ini akan kita siapkan untuk G20 sebagai venue daripada side event," tandasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved