Breaking News:

Pacific Exposition 2021

Tantowi Yahya: Wilayah Pasifik Harus Jadi Pasar Besar Bagi Produk-produk Indonesia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, kawasan Pasifik merupakan pasar yang sangat potensial

Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dalam webinar Merebut Potensi Besar di Pasifik Melalui Pacific Exposition 2021, Jumat (22/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, kawasan Pasifik merupakan pasar yang sangat potensial untuk memasarkan produk-produk asal Indonesia.

Menurut Tantowi, setidaknya terdapat 3 poin yang menjadi alasan utamanya.

Pertama, Pasifik memiliki jumlah penduduk yang besar.

Sejalan dengan jumlah populasi penduduk yang tinggi, otomatis demand (permintaan) akan kebutuhan barang di sektor apapun juga mengalami peningkatan.

"Pasifik sesungguhnya adalah pasar besar, dalam konteks penyerapan produk-produk Indonesia," dalam diskusi virtual yang berjudul Merebut Potensi Besar di Pasifik Melalui Pacific Exposition 2021, Jumat (22/10/2021).

"Pasifik ini jika digabungkan oleh Australia maka ada sekitar 50 juta orang yang ada di situ. Dan ini bukan pasar yang kecil," sambungnya.

Kedua, lanjut Tantowi, Pasifik mempunyai kedekatan jarak dengan Indonesia. Apalagi dengan Indonesia wilayah timur.

Sehingga kedekatan geografis ini menjadikan biaya operasionalnya juga rendah, dan itu akan berujung pada bersaingnya harga-harga produk Indonesia di pasar.

Dan yang ketiga adalah, pasar-pasar Pasifik merupakan pasar yang Non-Tariff Barriers-nya rendah jika dibandingkan negara-negara lainnya.

Baca juga: Dubes Tantowi Paparkan 3 Potensi Peluang Produk Indonesia Tembus Pasar Pasifik

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved