Breaking News:

Batas Akhir Penggantian Kartu ATM Debit Chip di Bank Mandiri, BCA, BRI dan BNI, Ini Caranya

Berikut adalah jadwal batas akhir ganti kartu ATM lama ke Kartu Chip di bank Mandiri, BCA, BRI dan BNI.

TRIBUNNEWS/Hendra Gunawan
Ilustrasi - Berikut adalah jadwal batas akhir ganti kartu ATM lama ke Kartu Chip di bank Mandiri, BCA, BRI dan BNI. 

TRIBUNNEWS.COM - Bank Indonesia menetapkan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit yang akan digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu Debit di Indonesia.

Bank Indonesia melalui Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 telah menetapkan bahwa paling lambat 30 Juni 2017, seluruh kartu ATM dan kartu debit, termasuk yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe wajib menggunakan Personal Identity Number (PIN) 6 digit.

Penggunaan NSICCS dan PIN 6 digit wajib diimplementasikan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu debet, yaitu prinsipal, switching, penerbit, acquirer, Penyelenggara Kliring dan atau Penyelenggara Setelmen.

Teknologi NSICCS juga diterapkan tidak hanya pada kartu, namun juga pada pada perangkat ATM, EDC serta seluruh sistem yang digunakan untuk memproses transaksi kartu ATM dan atau kartu debit.

Baca juga: Bank Indonesia: Pertumbuhan Kredit 2021 Diprediksi Sebesar 5,3 Persen

Mengutip bi.go.id, sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia tersebut, implementasi secara penuh ditargetkan selesai pada 31 Desember 2021.

Program ini mempunyai batas waktu, apabila di tanggal tersebut nasabah belum mengganti ke Kartu Debit ber-chip, maka kartu Debit akan dinonaktifkan.

Berikut adalah batas waktu pergantian Kartu Debit di bank BCA, Mandiri, BRI dan BNI.

1. BCA

Efektif per 1 Desember 2021, Kartu Debit BCA Non Chip yang meliputi Kartu ATM BCA dan Kartu Debit BCA tidak akan bisa digunakan lagi.

Sebagai gantinya, BCA menyediakan Kartu Debit Chip yang bisa didapatkan melalui Kantor Cabang BCA, CS Digital, dan Halo BCA.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved