HIPMI: Program Pasar Laut Indonesia Jadi Terobosan UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan

Membuka akses pasar serta, fasilitasi permodalan menjadi bagian dari program #PasarLautIndonesia.

Editor: Sanusi
istimewa
Ketua Bidang Pertanian, Perikanan, Kehutanan, dan Lingkungan Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Robert Muda Hartawan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Malvyandie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak besar pada masyarakat kecil khususnya UMKM sehingga harus berjuang untuk bertahan dan menata ekonomi keluarga dengan inovasi-inovasi.

Tidak terkecuali nelayan, pembudidaya, dan UMKM pengolahan dan pemasaran sektor kelautan dan perikanan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memfasilitasinya melalui program #PasarLautIndonesia dengan beragam program yang ditujukan untuk membangkitkan kembali semangat usaha UMKM sebagai wujud keberpihakan KKP kepada masyarakat ekonomi kecil.

Baca juga: Dirjen Budidaya KKP Dukung Budidaya Udang Vaname di Jembrana

Pendampingan dan pelatihan UMKM sektor perikanan dan kelautan agar bisa eksis di pasar online.

Membuka akses pasar serta, fasilitasi permodalan menjadi bagian dari program #PasarLautIndonesia. Selain membantu perekonomian, ini menjadi wujud kebanggaan terhadap produk-produk unggulan Indonesia.

Ketua Bidang Kemaritiman, Kehutanan dan Lingkungan Hidup Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Robert Muda Hartawan menyatakan salah satu sektor yang sangat terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 adalah UMKM sektor kelautan dan perikanan.

Sehingga, menurutnya, harus ada strategi khusus untuk membangkitkan UMKM sektor kelautan dan perikanan dengan adanya program-program Pemerintah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan UMKM agar dapat mengakses pasar online dalam menawarkan produk-produknya.

Baca juga: KKP Cetak Hattrick sebagai Badan Publik Informatif

“Peluncuran program #PasarLautIndonesia merupakan upaya mengenalkan produk-produk UMKM sektor kelautan dan perikanan, seperti produk pangan, kecantikan, dan kerajinan tangan dan melakukan pendampingan dan pelatihan UMKM agar dapat mengakses pasar online dalam menawarkan produk-produknya," ujar Robert pada Senin (01/11/2021).

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah meluncurkan galeri #PasarLautIndonesia.

Baca juga: Digugat Yusril Ihza Mahendra Soal Ekspor Benur, Ini Penjelasan Jubir KKP

Program ini berada di bawah Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP).

Pengembangan galeri ini merupakan bagian dari dukungan KKP pada gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Dengan program ini juga nelayan hingga UMKM sektor kelautan dan perikanan turunannya diberikan akses modal untuk meningkatkan produktivitas yang terkena dampak akibat adanya Pandemi Covid-19 dan tentunya HIPMI selalu mendorong dan mendukung program pemerintah khususnya #PasarLautIndonesia dengan memberikan pemahaman kepada anggota-anggota HIPMI di daerah untuk dapat membantu mensosialosasikan program ini,” ungkap Robert.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved