Breaking News:

Gunung Semeru Erupsi

Gunung Semeru Erupsi, Airnav Indonesia Lakukan Sejumlah Langkah Antisipasi

AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait dan bersiaga terkait perkembangan aktivitas erupsi Gunung Semeru

Penulis: Lita Febriani
Via Kompas.TV
Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu (16/1/2021) sore pukul 17.24 WIB. (Sumber: BNPB). Gunung Semeru Erupsi, Airnav Indonesia Lakukan Sejumlah Langkah Antisipasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Gunung Semeru di Lumajang, Malang, Jawa Timur, erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.32 WIB.

Menanggapi hal ini, AirNav Indonesia menyebut belum ada dampak signifikan terhadap pelayanan penerbangan.

"Sampai berita ini disampaikan, pukul 17.30 WIB, tidak ada dampak signifkan aktivitas erupsi Gunung Semeru terhadap operasional pelayanan navigasi penerbangan oleh AirNav Indonesia, baik di Cabang Surabaya, Cabang Denpasar, Cabang Semarang, Cabang Yogyakarta maupun Cabang Solo," tutur Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi, melalui keterangan resmi, Sabtu (4/12/2021).

Meskipun tidak ada dampak signifikan, AirNav Indonesia tetap melakukan langkah antisipasi, antara lain :

1. AirNav Indonesia Cabang Surabaya dengan ACC MATSC dan JATSC, serta Cabang Denpasar untuk sementara waktu suggest tidak melawati W-33/South of SBR.

2. Berkoordinasi dengan pihak Bandara Abdul Rachman Saleh dan Bandara Juanda untuk melakukan Paper Test, saat ini sedang dipersiapkan.

3. Saat ini hasil koordinasi semua pesawat yang menuju East (Denpasar, Lombok dan Kupang) dan sebaliknya dilewatkan North of SBR.

Baca juga: Kronologi Gunung Semeru Erupsi hingga Keluarkan Guguran Awan Panas

Kemudian, Hasil pilot report terhadap Pesawat Wings Air yang melintas menuju Denpasar bahwa debu vulkanik tidak dapat terlihat mengingat kondisi tertutup awan yang tebal, begitu juga pengamatan dari Tower Abdul Rachman Saleh.

"AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait dan bersiaga terkait perkembangan aktivitas erupsi Gunung Semeru yang berpotensi mempengaruhi kegiatan operasional penerbangan. Informasi terkini akan selalu kami perbaharui sesuai kondisi di lapangan," imbuh Rosedi.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved