Breaking News:

Sosialisasi Program P3DN Kunci Sukses Sertifikasi TKDN

Kementerian Perindustrian terus melakukan sosialisasi ke berbagai daerah dan stakeholder untuk menyebarluaskan informasi program P3DN

Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
Istimewa
Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus melakukan sosialisasi ke berbagai daerah dan stakeholder untuk menyebarluaskan informasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Bukan hanya itu, guna mendorong peningkatan P3DN, cara yang diambil Kemenperin adalah fasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Baca juga: Kemenperin Targetkan Beri 1.250 Sertifikat Produk TKDN di 2022

Program tersebut dikawal pelaksanaannya oleh Tim Nasional P3DN yang dibentuk melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta beranggotakan seluruh Menteri dan Kepala Lembaga.

"Kemenperin secara berkelanjutan terus melakukan sosialisasi kepada para pihak terkait baik di tingkat pusat maupun daerah," tutur Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo, Senin (3/1/2022).

Baca juga: PMI Manufaktur Indonesia Paling Ekspansif di ASEAN, Kalahkan Thailand

Dalam rangka optimalisasi implementasi dan pengawasan penggunaan produk dalam negeri, juga dibentuk Kelompok Kerja Tim Nasional P3DN yang terdiri atas Pokja Pemantauan, Pokja TKDN, serta Pokja Sosialisasi.

"Pada akhirnya, salah satu faktor pendorong utama terciptanya implementasi Program P3DN secara menyeluruh adalah adanya goodwill dari segenap stakeholder yang tercermin dari keberpihakan terhadap industri dalam negeri," ungkap Sekjen Kemenperin.

Inspektur Jendral Kemenperin Masrokhan menambahkan, program peningkatan TKDN memberikan kesempatan kepada industri-industri di Indonesia untuk dapat tumbuh.

"Pelaksanaan program P3DN diharapkan akan mengakselerasi penurunan impor sekaligus meningkatkan utilisasi di sektor industri," jelas Masrokhan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved