Indonesia Segera Lakukan, Berikut Negara-negara yang Telah Pindahkan Ibu Kota

Indonesia segera memindahkan ibu kota negaranya dari Jakarta ke kota baru di Kalimantan Timur yang akan diberi nama Nusantara.

Editor: Hendra Gunawan
Tribunnews/Yudie Thirzano
SENJA DI MUSEUM JK - Suasana senja di JK Memorial Museum, Brasilia, Rabu (3/7/2014). Museum ini dibangun mengenang Presiden terdahulu Brasil, Juscelino Kubitschek yang memindah ibukota dari Rio de Janeiro ke Brasilia. (Tribunnews/Yudie Thirzano) 

TRIBUNNEWS.COM -- Indonesia segera memindahkan ibu kota negaranya dari Jakarta ke kota baru di Kalimantan Timur yang akan diberi nama Nusantara.

Pro dan kontra terkait pemindahan ibu kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Wacana ibu kota pindah ini telah ada sejak dulu dan belum pernah terealisasi.

Ternyata pemindahan ibu kota tidak hanya dialami Indonesia, sejumlah negara-negara di dunia pun pernah melakukannya.

Baca juga: Satgas Pembangunan IKN Tunggu Instruksi Bangun Infrastruktur Dasar dan Istana

Padahal negara-negara lain sudah ada yang sukses memindahkan ibu kotanya sejak dulu. Meskipun ada juga yang gagal seperti yang dilakukan Myanmar.

Negara adidaya seperti Amerika Serikat bahkan telah berkali-kali memindahkan ibu kotanya, dari Philadelphia, Baltimore, Lancaster, York, Princeton, Annapolis, Tenton, New York, dan kini di Washington DC.

Menurut situs BBC, berikut negara-negara yang pernah melakukan pemindahan ibu kota negara, di antaranya:

Seorang pria mengenakan masker pelindung saat dia berdiri di Lapangan Merah yang sepi di tengah merebaknya pandemi Covid-19 di Moskow pada 28 Oktober 2021. - Rusia melaporkan rekor jumlah kasus dan kematian harian virus corona pada 28 Oktober 2021 sebagai Moskow menutup layanan yang tidak penting selama 11 hari untuk memerangi lonjakan infeksi. (Photo by DIMITAR DILKOFF / AFP)
Seorang pria mengenakan masker pelindung saat dia berdiri di Lapangan Merah yang sepi di tengah merebaknya pandemi Covid-19 di Moskow pada 28 Oktober 2021. - Rusia melaporkan rekor jumlah kasus dan kematian harian virus corona pada 28 Oktober 2021 sebagai Moskow menutup layanan yang tidak penting selama 11 hari untuk memerangi lonjakan infeksi. (Photo by DIMITAR DILKOFF / AFP) (AFP/DIMITAR DILKOFF)

1. Rusia

Rusia sempat dua kali melakukan pemindahan ibu kota. Mulanya Moskow menjadi ibu kota Rusia tapi pada tahun 1712, dipindahkan ke Saint Petersburg.

Baca juga: Pansus Tegaskan Pernyataan Soal Penduduk China Bakal Dikirim ke IKN Hoaks

Kemudian, pada 1918 Rusia memindahkan ibu kotanya kembali ke Moskow hingga saat ini. Alasannya, karena Moskow lebih dekat ke Eropa.

2. Brazil

Brazil berhasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada tahun 1956.

Pasalnya, Rio de Janeiro saat itu terkenal akan penduduknya yang padat dan tingkat kemacetannya tinggi.

Oleh karenanya, pemerintah Brazil membangun sebuah kota yang terletak di pusat negara bernama Brasilia. Kota Brasilia dirancang dengan futuritik oleh seorang arsitek bernama Oscar Niemeyer.

Baca juga: KSP Sebut Penunjukkan Kepala Badan Otorita IKN akan Pertimbangkan Suara Publik

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved